Categories: Thailand

Ini Dia 10 Oleh Oleh Thailand Yang Wajib Dibeli

Negeri Gajah Putih dapat menjadi tempat liburan yang sempurna terutama bagi anda yang tidak melewatkan kesempatan untuk berburu oleh oleh Thailand. Selain dikenal dengan surga kuliner, Thailand juga populer sebagai tempat belanja murah bagi wisatawan. Baik anda seorang backpacker ke Thailand atau traveler menengah keatas wajib membawa pulang berbagai macam pernak-pernik unik.

Berbelanja memiliki arti yang beragam, dapat dijadikan sebagai buah tangan atau kenang-kenangan secara pribadi. Tapi, mungkin sebagian besar dari anda bingung memilih oleh-oleh apa yang cocok untuk dibawa pulang? Terlebih bagi anda yang pertama kali plesiran ke Thailand. Tenang, tidak perlu khawatir memikirkan ini karena kami hadir memberikan solusi terbaik.  Berikut ini akan kami rangkum 10 oleh oleh Thailand yang wajib dibeli. Yuk simak ulasannya!

1. Belilah Kaos Thailand Dengan Motif Keren

Photo by @harimaolee

Saat berburu oleh-oleh kebanyakan yang terlintas dibenak anda adalah kaus, karena selain mudah ditemukan barang ini juga umum dibeli oleh turis. Terdapat banyak pedagang di pasar tradisional yang menjual kaus dengan desain motif unik, mulai dari sketsa pantai, gajah hingga bertuliskan “I love Thailand”. Semua kaus bergambar tempat wisata populer Thailand bisa anda pilih sesuai selera, tapi jangan lupa untuk menawar ya?

Pada umumnya kaus Thailand di jual dengan harga sekitar Rp40.000 untuk dewasa dan Rp30.000 khusus ukuran anak-anak. Cukup terjangkau bukan? Anda bisa membeli sesuai dengan kebutuhan dan budget. Satu lagi tips bagi yang ingin membeli kaus Thailand, pastikan untuk memilih baju dari bahan katun agar lebih nyaman dikenakan.

2. Pilih Gantungan Kunci Sebagai Buah Tangan Praktis

Photo by @mytinaa’s

Oleh oleh Thailand diurutan kedua adalah gantungan kunci, sebuah souvenir lucu yang biasa dijadikan buah tangan praktis dan ekonomis. Saat berlibur di Thailand anda wajib membeli gantungan kunci. Kenapa? Karena selain bentuknya yang unik dan menarik, souvenir ini juga bisa menjadi barang yang cukup berkesan untuk keluarga atau teman-teman anda.

Mulai dari gantungan kunci berbentuk Grand Palace, Wat Arun, dan gajah bisa anda miliki dengan harga relatif terjangkau. Biasanya semakin rumit bentuk gantungan kunci maka semakin mahal harganya, namun jika anda membeli dalam jumlah banyak mintalah diskon khusus dari penjual.

3. Lucunya Miniatur Tuk Tuk Sebagai Pajangan Kantor

Photo by @nancylol

Adakah yang tahu apa itu tuk tuk? Tuk tuk merupakan salah satu transportasi umum di Negeri Gajah Putih yang memiliki ciri khas beroda tiga mirip dengan bajaj dari Indonesia. Kepopuleran tuk tuk tidak hanya sebagai kendaraan tradisional saja, tetapi juga digunakan untuk model souvenir berupa miniatur.

Terbukti ada banyak penjual miniatur tuk tuk dengan berbagai ukuran dan warna yang cerah berjejer di sepanjang jalan sekitar pasar. Anda dapat membawa pulang miniatur ini dan menggunakannya sebagai pajangan lucu di meja kantor atau di rumah.

4. Magnet Thailand, Tempelan Kulkas Yang Cantik

Photo by @collection.susi

Bagi traveler membeli oleh oleh Thailand adalah syarat khusus bahwa anda sudah pernah menapakkan kaki di negara ini. Anda dapat membeli berbagai macam jenis barang unik, atau yang sekiranya dapat memberikan kegunaan di rumah. Magnet Thailand merupakan salah satu buah tangan yang cukup simple dan berguna. Selain dari bentuknya yang cantik, magnet ini juga bisa anda tempelkan di kulkas atau area khusus dalam rumah anda.

5. Celana Muay Thai, Buah Tangan Efektif Untuk Pencinta Bela Diri

Photo by @tokyowolves

Buah tangan yang satu ini sangat cocok diberikan pada orang terdekat anda khususnya penggemar olahraga. Celana Muay Thai terbuat dari bahan yang sangat nyaman dan ringan untuk dikenakan. Pemakai celana ini dapat leluasa bergerak dan pastinya cukup efektif untuk membakar lemak dalam tubuh.

Di Indonesia khususnya kota-kota besar seperti Jakarta, ada banyak yang menggunakan celana muay thai sebagai asesoris pendukung dalam mengikuti program bela diri khas Thailand. Jadi tidak perlu malu mengenakan atau memberikan barang ini sebagai celana olahraga Muay Thai. Bagaimana? oleh-oleh yang cukup bermanfaat bukan?

6. Bungkus Satu Paket Sabun Beras Untuk Mencerahkan Kulit

Photo by @miss.sr12

 

Tahukah anda? Negara Thailand cukup terkenal dalam produk perawatan tubuh dan kecantikan layaknya Negeri Gingseng. Banyak produk yang bisa anda beli sesuai dengan kebutuhan, salah satunya adalah sabun beras. Sesuai dengan namanya, sabun ini terbuat dari beras asli Negeri Gajah Putih  yang dicampur dengan susu.

Kombinasi dua bahan utama tersebut berkhasiat sebagai ramuan alami khusus untuk kulit agar lebih halus dan cerah. Aroma dari sabun beras sendiri mampu membuat rileks pikiran anda karena dapat bertahan cukup lama pada kulit.

7. Miniatur Patung Gajah, Pajangan Wajib Untuk Rumah

Photo by @hkbanker.foodie.oldsion

Selain miniatur tuk tuk, anda juga harus membeli souvenir berbentuk hewan yang dianggap suci oleh warga Thailand yaitu miniatur patung gajah. Tidak hanya berbentuk miniatur, ada banyak souvenir yang memiliki motif gajah di Thailand. Tapi yang wajib dibeli dari 10 oleh oleh Thailand adalah patung gajah putih, ada banyak pedagang menjualnya dengan harga bervariasi.

Gajah merupakan simbol dari negara Thailand, terutama mereka dengan kulit berwarna putih disebut sebagai gajah keramat milik kerajaan. Tidak heran juga kenapa negara ini mendapat julukan “Negeri Gajah Putih”.

8. Porselen Benjarong Oleh-Oleh Wajib Bagi Kolektor Keramik

Photo by @thailand_jp

Siapa yang tidak tertarik dengan barang seni seperti keramik? Thailand memiliki kerajianan unik dari keramik yang dikenal dengan nama porselen benjarong. Sebelum menjadi oleh-oleh, porselen benjarong dulunya merupakan barang berharga yang hanya dimiliki oleh kalangan elite dan keluarga kerajaan. Sekarang anda bisa dengan mudah menemukan kerajinan ini. Porselen Benjarong biasa dijual dengan berbagai bentuk yang menarik, mulai dari vas bunga, gelas, piring dan masih banyak lagi.

Satu jenis porselen benjarong kebanyakan dibuat dengan ciri khas tiga hingga delapan warna, dimana semakin mempercantik tampilannya. Kerajinan ini dapat menjadi perabotan berharga koleksi rumah anda atau bisa juga digunakan sebagai oleh-oleh otentik khas Negeri Seribu Pagoda.

9. Harumnya Beras Melati Membuat Anda Jatuh Hati

Photo by @abeautifulplate

Jika anda sudah membeli sabun beras, maka jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Thailand berupa beras melati. Beras ini memiliki tekstur lebih lengket karena adanya kandungan amilopektin yang cukup tinggi. Ciri khas menonjol dari beras melati adalah memiliki bentuk bulir lebih panjang dari beras biasa, juga adanya aroma bunga melati dan pandannya yang cukup kuat.

Sekali mencicipi dijamin jatuh hati dan ingin terus menikmati beras melati. Jadi pastikan untuk untuk membungkus beberapa beras melati sebagai oleh-oleh yang cukup mengenyangkan anda dan keluarga dirumah.

10. Manisnya Keripik Durian Membuat Anda Ketagihan

Photo by @afotonov

Apakah anda pencinta buah durian? Oleh oleh Thailand yang satu ini wajib anda bawa pulang baik untuk konsumsi pribadi atau diberikan pada sanak saudara. Di Indonesia pasti sudah sering menemukan buah durian dinikmati secara langsung. Berbeda dengan di Thailand, rajanya buah ini diolah menjadi keripik gurih yang manis dan merupakan salah satu makanan khas Thailand yang membuat penikmatnya nagih.

Buah tangan unik dan menarik bukan? Setiap satu kemasan durian dijual dengan harga sekitar Rp40.000 sampai Rp50.000. Memang cukup mahal untuk para backpacker, tapi harga memang tidak bohong setiap kriuk durian membuat anda tidak bisa berkata-kata.

Recent Posts

7 Tempat Wisata Kuala Lumpur Yang Harus Ada di Bucket Listmu

Tiket pesawat domestik mahal? Jangan khawatir, Ada banyak sekali tempat wisata Kuala Lumpur yang bisa kamu jelajahi dengan mudah dan…

5 tahun ago

10 Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Saat Jalan Jalan ke Malaysia

Jalan jalan ke Malaysia akan terasa menyenangkan apabila mengajak  pasangan dan merencanakan agenda liburan dari 10 tempat wisata ini. Sudah…

5 tahun ago

Mengenali Sungai – Sungai di Malaysia yang Fenomenal

Ingin mengenali macam-macam sungai di Malaysia yang fenomenal? Mari kita simak artikel berikut yang akan membawa Anda untuk mengupas lebih jauh.…

5 tahun ago

Ingin Liburan Aman dan Nyaman? Ikuti Tips Traveling ala Backpacker ke Malaysia

Sebagian besar wisatawan Asia mungkin lebih sering berlibur di Kota Singa, namun tidak ada salahnya untuk mencoba traveling ala backpacker…

5 tahun ago

Jalan Jalan Lebih Nyaman Karena Malaysia Visa Sudah di Tangan

Hai sobat BefreeTour, liburan sebentar lagi nih, sudah merencanakan liburan belum? Liburan dalam negeri atau luar negeri? Dua dua nya…

5 tahun ago

7 Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

Jalan-jalan ke Malysia pastinya akan lebih sempurna jika anda mencicipi berbagai makanan khas malaysia yang menggugah selera. Malaysia negara paling…

5 tahun ago