Categories: Malaysia

7 Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

Jalan-jalan ke Malysia pastinya akan lebih sempurna jika anda mencicipi berbagai makanan khas malaysia yang menggugah selera. Malaysia negara paling sempurna untuk sedikit melepaskan penat. Selain letaknya yang dekat dengan negeri kita tercinta ini, Malaysia memiliki banyak tempat wisata dan kuliner nikmat yang wajib dicoba. Tentu saja semua merupakan hasil perpaduan antara etnis Melayu, Cina, dan India yang merupakan tiga Etnis utama di Malaysia. Selain itu, gaya kuliner Malaysia juga dipengaruhi etnis lain seperti Thailand dan Arab.

Setelah anda memilih negara Malaysia untuk berlibur, jangan lupa untuk mampir ke Kota Kuala Lumpur yang merupakan tempat wisata favorit bagi para wisatawan. Selain dikenal sebagai kota yang bersih dan rapi Kuala Lumpur juga dikenal sebagai pusat backpacker dunia. Di kota ini anda dapat menemukan berbagai makanan khas yang lezat. Berikut ini kami berikan daftar 7 makanan khas malaysia yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Malaysia.

1. Nasi Lemak, Menu wajib saat berkunjung ke Malaysia.

Photo by : @kopitalking

Anda pasti sudah tidak asing dengan makanan khas malaysia yang satu ini. Karena menu nasi lemak memang sudah banyak dijual di beberapa rumah makan di Indonesia. Selain itu hampir di setiap rumah makan di Malaysia menyajikan makanan ini. Nasi nya mirip seperti nasi uduk di Indonesia, campuran nasi uduk dan kelapa. Namun, yang membedakan kedua makanan ini adalah rempah yang digunakan. Nasi lemak memiliki rempah yang lebih simpel jika dibanding nasi uduk. Biasanya dicampur sereh, kayu manis dan jahe.

Nasi ini akan disajikan bersama lauk ayam goreng, telur rebus, tumis kangkung, rendang sapi, sambal goreng teri kacang, dan sotong. Rasa dari nasi lemak ini sangat gurih, dijamin perut anda akan langsung terisi penuh setelah menyentap sepiring nasi lemak ini.

2. Mee Siam sajian dengan kuah asam pedas.

Photo by : @eatwhattonight

Mee siam merupakan salah satu makanan khas malaysia yang mendapat label “Truly Malaysia” dari pemerintah setempat. Truly Malaysia merupakan brand yang dipakai Negeri jiran untuk mempromosikan pariwisata yang diluncurkan sejak tahun 1999.

Kuliner ini berbahan pokok misoa atau bihun yang disajikan dengan kuah asam pedas. Makanan ini akan semakin sedap jika ditambah potongan daun bawang segar di atasnya. Jangan lupa untuk memberi sedikit perasan jeruk nipis untuk memperkaya cita rasa.

3. Chi Chong Fan, cemilan sehat yang bikin kenyang

Photo by : @eppiliciouss

Makanan sejenis kwetiau yang digulung dan disajikan dengan saus khusus dan saus sambal ini juga menjadi salah satu makanan khas malaysia. Makanan yang berasal dari Kanton ini biasa dijadikan appetizer atau hidangan pembuka.

Selain itu Chi Chong Fan kerap dijumpai dalam menu Yum Cha dan Dim Sum di beberapa rumah makan yang menyediakan makanan cina. Informasi tambahan bagi anda yang menyukai chinese food tidak ada salahnya juga merencakan liburan ke Hong Kong dan menikmati lezatnya Ding Dim 1968 in Central.

4. Khusus untuk para pecinta mie, yuk coba Sang Har Kuey Teow

Photo by : @majalahrasa

Makanan khas malaysia adalah Sang Har Kuey Teow. Apakah Anda penikmat makanan Cina? Pernahkan anda menyantap Tamie Goreng? Nah, Sang Har Kuey Teow ini memiliki tampilan yang sama dengan Tamie goreng. Perbedaannya adalah tekstur dari mi kering yang digunakan. Mie kering yang digunakan untuk membuat Sang Har Kuey Teow jauh lebih kecil dibanding pada Tamie.

Sang Har Kuey Teow sendiri merupakan makanan yang berbahan pokok bihun kering yang disiram dengan kuah berkaldu yang telah dicampur dengan telur. Untuk menambah cita rasa kenikmatannya, hidangan ini biasa disajikan bersama udang sedar yang dimasak bersama kuah.

5. Cicipi Asam Laksa Penang yang legendaris

Photo by : @cconvoyage

Asam Laksa Penang adalah Makanan khas malaysia selanjutnya yang wajib anda coba. Khususnya bagi anda yang menyukai makanan-makanan pedas. Menu makanan ini terdiri dari bihun yang disiram dengan kuah kental yang memiliki rasa asam dan pedas.

Kuliner Malaysia yang satu ini juga disajikan dengan tambahan toping berupa ikan mackerel segar, selada, mentimun, dan cabai. Asam Laksa Penang sendiri merupakan makanan yang mengkombinasikan cita rasa Cina dengan Melayu. Makanan ini memiliki rasa yang pedas dan juga segar.

6.  Palak Paneer, rasakan hangatnya masakan India di Malaysia

Photo by @eatthisorg

Hidangan satu ini juga merupakan Makanan khas malaysia. Palak Paneer sendiri merupakan makanan berupa kuah berwarna hijau. Warna hijau dari makanan ini diperoleh dari daun bayam segar. Selain berbahan pokok daun bayam, olehan ini juga diberi tambahan keju kambing.

Biasanya disantap dengan roti khas India, seperti chapatis atau bhatura. Meski tampilan dari makanan ini sedikit aneh bagi beberapa orang, tetapi rasanya dijamin membuat anda ketagihan untuk membeli hidangan ini. Kuliner dari Negeri Bollywood ini cocok dinikmati untuk makan siang atau malam, jadi setelah anda menjelajah kota mengunjungi berbagai objek wisata seperti KL Tower atau Aquaria KLCC dapat singgah sejenak ke kawasan Brickfields.

7.  Segarnya ABC cocok untuk menu pelepas dahaga

Photo By : mafara86

Apakah anda pernah melihat serial kartun Upin & Ipin? Jika pernah pastinya nada kenal dengan Uncle Muthu. Di kedai lelaki bertubuh gempal itu, Upin dan Ipin sering berteriak “Uncle ABC (Air batu campur), Atok bayar”. Minuman yang terlihat mirip dengan es campur atau es teler dari Indonesia ini merupakan minuman khas Negeri Jiran yang tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke negara ini.

Minuman ini terdiri dari es serut yang ditambah dengan kacang merah, agar-agar, kolang-kaling, nata de coco, cendol, dan bahan lainnya. Jika musim durian tiba es ABCD (air batu campur durian) ditambahkan dnegan toping buah durian. ABC ini juga dikenal dengan sebutan ais kacang di Singapura karena di sana kacang merah menjadi toping utama dari minuman ini.

befree

Recent Posts

7 Tempat Wisata Kuala Lumpur Yang Harus Ada di Bucket Listmu

Tiket pesawat domestik mahal? Jangan khawatir, Ada banyak sekali tempat wisata Kuala Lumpur yang bisa kamu jelajahi dengan mudah dan…

5 tahun ago

10 Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Saat Jalan Jalan ke Malaysia

Jalan jalan ke Malaysia akan terasa menyenangkan apabila mengajak  pasangan dan merencanakan agenda liburan dari 10 tempat wisata ini. Sudah…

5 tahun ago

Mengenali Sungai – Sungai di Malaysia yang Fenomenal

Ingin mengenali macam-macam sungai di Malaysia yang fenomenal? Mari kita simak artikel berikut yang akan membawa Anda untuk mengupas lebih jauh.…

5 tahun ago

Ingin Liburan Aman dan Nyaman? Ikuti Tips Traveling ala Backpacker ke Malaysia

Sebagian besar wisatawan Asia mungkin lebih sering berlibur di Kota Singa, namun tidak ada salahnya untuk mencoba traveling ala backpacker…

5 tahun ago

Jalan Jalan Lebih Nyaman Karena Malaysia Visa Sudah di Tangan

Hai sobat BefreeTour, liburan sebentar lagi nih, sudah merencanakan liburan belum? Liburan dalam negeri atau luar negeri? Dua dua nya…

5 tahun ago

Berlibur ke Negeri Seribu Pagoda Tanpa Thailand Visa

Punya rencana berlibur ke luar negeri? Tanpa Thailand Visa, anda bisa dengan mudah menjelajahi keindahan negeri yang terkenal dengan seribu…

5 tahun ago