Categories: Singapura

Melancong ke Merlion? Jangan Lupa Bawa Singapore Visa!

Photo by @kingorangesg

Paspor saja tidak cukup untuk menjelajah negeri orang, karena anda butuh Singapore visa ditangan untuk kelengkapan traveling legal ke Kota Singa. Pernah ditulis dalam artikel sebelumnya apabila anda ingin melancong ke luar negeri maka persiapkan dokumen penting yang bernama paspor. Selain paspor anda juga harus menyiapkan dokumen lain bernama visa untuk dapat memasuki negara yang akan anda tuju. Visa merupakan dokumen resmi saat berpergian ke luar negeri sebagai tanda bukti izin masuk seseorang ke suatu negara dalam periode waktu tertentu. Misalkan tujuan anda ke Malaysia maka juga diwajibkan membuat Malaysia Visa sebagai dokumen pelengkap agar aman untuk bepergian ke negara tujuan.

Dokumen ini bisa anda dapatkan di kedutaan negara tujuan anda, dan untuk visa asli biasanya memiliki tanda stempel atau sticker dari negara yang akan anda kunjungi. Jadi, sangat diperlukan untuk membaca ulasan ini sebelum anda merencakan liburan ke luar negeri. Semakin banyak wawasan anda maka dapat membantu diri dalam mengatasi masalah dalam agenda liburan solo, berdua atau kelompok. Seperti yang sudah dijelaskan kami akan memberikan informasi seputar jenis visa yang bisa anda simak pada ulasan dibawah ini:

Apa Saja Jenis Visa

Jika dilihat secara umum visa terdiri dari 4 jenis visa diantaranya ada visa dinas, visa diplomatik, visa kunjungan, dan visa tinggal terbatas. Untuk visa kunjungan dapat dibagi menjadi beberapa macam, tapi semuanya akan kami jelaskan secara runtut.

1. Relatives Permits

Photo by @changiairport

Relatives permits atau visa kunjungan sementara untuk menyambangi keluarga biasa digunakan untuk anda yang memiliki kerabat di luar negeri. Diwajibkan bagi anda untuk mengurus visa terlebih dahulu dengan batas waktu maksimal pengajuan 3 bulan atau 90 hari. Dalam syarat pembuatannya harus ada undangan dari keluarga atau berupa pernyataan bahwa keluarga akan bertanggung jawab penuh atas anda selama tinggal di negara tujuan.

2. Tourist Visa

Photo by @annie_m786

Visa ini digunakan untuk keperluan kunjungan sementara dalam agenda wisata, dan mungkin yang paling banyak diajukan pembuatannya. Bagi anda yang ingin berlibur ke luar negeri harus memiliki visa ini, berbekal Tourist Visa anda dapat menjelajah setiap negara dengan aman dan nyaman. Misal, jika anda liburan ke Negara Singa maka juga dibutuhkan Singapore visa agar perjalanan lebih menyenangkan tanpa beban. Pastinya jangan sampai lupa mengunjungi beberapa destinasi wisata menarik seperti Madame Tussauds Singapore atau Mega Adventure Park Singapore.

3. Business Visa

(Sumber: Pexels)

Seperti namanya visa ini berupa kunjungan sementara untuk tujuan bisnis, dimana sering digunakan oleh para pelaku bisnis ke negara lain. Anda akan memperoleh kemudahan saat melakukan sebuah perjalanan bisnis antar negara hanya dengan visa ini. Keperluan apapun yang menyangkut bisnis seperti mengunjungi pameran, seminar bisnir hingga perjanjian kerjasama dengan suatu perusahaan disarankan untuk membuat Business Visa.

4. Work Visa

(Sumber: Pexels)

Selain visa bisnis anda juga akan menemukan jenis yang tidak jauh berbeda yaitu visa kerja. Perbedaannya adalah dari pemegang yang sudah diperbolehkan untuk menjadi karyawan pada perusahaan tertentu di suatu negara. Visa ini terdiri dari dua macam diantaranya ada kerja sementara dan Semi-permanent atau permanent. Tergantung dari berapa lama anda dipekerjakan, visa ini dapat dirubah menjadi ijin tinggal dengan alasan jangka waktu pekerjaan yang memakan waktu bertahun-tahun.

5. Visa Transit

Photo by @changiairport

Visa yang satu ini digunakan apabila anda ingin melakukan transit di suatu negara lain sebelum mencapai negara tujuan. Perlu diperhatikan untuk visa ini apakah hanya berlaku pada area bandara (Airport Transit Visa) atau dapat digunakan untuk seluruh negara yang anda jadikan tempat transit (Transit Visa).

Mudahnya jika hanya kawasan bandar udara, anda tidak boleh meninggalkan tempat ini walau hanya sebentar. Sedangkan untuk visa transit biasanya memiliki waktu beberapa jam, seperti ketika transit di Bandara Changi anda bisa mengunjungi Orchard Road atau Garden by the Bay.

6. Study Permits

(Sumber: Pexels)

Visa belajar sudah pasti digunakan untuk ijin belajar di sebuah sekolah atau universitas di negara tujuan. Dari semua jenis visa, study permits paling mudah didapatkan, tapi tentu saja ada syarat utama yaitu masih berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa. Ada beberapa pelajar dari Indonesia juga menggunakan Singapore visa untuk menempuh pendidikan selama masa study mereka habis.

7. Exchange Permits

Photo by @changiairport

Selain visa belajar juga ada visa pertukaran pelajar bagi mereka yang mengikuti program antar sekolah atau kampus. Jenis visa ini hanya berlaku untuk beberapa bulan hingga program tersebut selesai. Pembuatannya sendiri juga cukup mudah dan biasanya dibantu oleh instansi terkait dari penyelenggara program.

8. Visa on Arrival

(Sumber: Pexels)

Visa on Arrival lain dengan visa yang umumnya dibuat jauh hari sebelum keberangkatan, karena visa ini dibuat saat itu juga ketika anda memasuki wilayah suatu negara. Baik lewat pelabuhan, bandara, atau memasuki perbatasan. Visa on Arrival bisa didapatkan dari kedua negara yang mempunyai kerjasama atau hubungan baik. Contohnya anda sedang melakukan perjalanan backpacker ke Singapura dan ingin melanjutkan wisata ke Malaysia atau Thailand maka membutuhkan ijin dengan viisa ini.

9. Visa Diplomatik

(Sumber: Pexels)

Sebelum dijelaskan pasti anda sudah bisa menebak jika visa ini ditujukan untuk para diplomat, bersifat bagi mereka yang bekerja dalam jangka waktu tertentu pada suatu instansi atau hanya kunjungan sementara. Seperti kunjungan dinas atau kunjungjan kerja merupakan contoh umum dari visa diplomatik.

10. Exit Visa

(Sumber: Pexels)

Exit Visa cukup sensitif digunakan oleh seseorang, tidak seperti ijin liburan pada umumnya pemegang visa harus pergi meninggalkan negara sendiri atau negara orang lain. Pemegang tidak boleh pergi ke tujuan lain selain yang sudah tercantum dalam dokumen tersebut, biasanya visa ini digunakan untuk para mantan tahanan. Diterbitkannya Exit Visa seringkali dibarengi dengan larangan masuk kembali ke negara yang sudah mengeluarkannya.

11. Corporate Permits

(Sumber: Pexels)

Corporate permits atau visa khusus pegawai internasional dikeluarkan jika anda harus bekerja untuk suatu badan internasional. Banyak yang ingin mendapatkan visa jenis ini karena sudah pasti sebuah keuntungan apabila memiliki Corporate permits. Seperti contoh, Anda dipindah tugas ke perusahaan utama di Singapura otomatis harus menggunakan Singapore visa khusus corporate permits.

12. Business Permits

(Sumber: Pexels)

Visa ini sekilas mungkin mirip dengan Business Visa, bedanya visa khusus bisnis lebih memiliki arti jika anda akan tinggal lama di suatu negara tujuan. Contoh, anda akan membangun perusahaan di Singapura, maka pemerintah setempat akan memproses Singapore visa anda dari yang bersifat sementara dilanjutkan menjadi ijin permanen.

Bagaimana Cara Membuat Visa

(Sumber: Pexels)

Setelah mengetahui beragam jenis dokumen pendamping paspor, sekarang saatnya bagi anda untuk mempelajari pembuatan visa untuk dapat Jalan jalan ke Singapura. Berikut gambaran umum berupa dokumen yang harus anda miliki sebagai syarat pengajuan untuk membuat visa.

  • Paspor

Paspor adalah syarat utama bagi anda untuk membuat bisa, bawalah paspor yang masih berlaku jauh dari expired. Apabila mendekati minimal masa berlaku paspor akan lebih baik bagi anda untuk melakukan perpanjangan terlebih dahulu.

  • Formulir online

Paspor sudah ditangan? maka anda harus lakukan langkag kedua yaitu mengisi formulir pendaftaran. Hampir semua kedutaan menyediakan formulir ini yang bisa anda unduh secara online di situs kedutaan negara masing-masing. Usahakan untuk mengisi data dengan lengkap dan benar agar proses pengajuan visa segera dapat dilayani.

  • Bukti pembayaran visa

Proses pembuatannya tentu tidak gratis, anda harus membayar sejumlah uang ke rekening kedutaan. Biaya pembuatan ini dianggap sebagai biaya administratif sesuai dengan jenis visa yang anda butuhkan. Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran sebagai syarat untuk mengikuti tahapan proses pembuatan visa.

  • Pas foto

Selesai dengan urusan administrasi anda bisa menyiapkan dokumen berbentuk pas foto. Pas foto harus jelas dan tidak miring, bagi wanita juga diperbolehkan untuk menggunakan hijab tapi harus memperlihatkan raut muka dengan jelas.

  • Bukti keuangan

Syarat lain yang penting adalah bukti kepemillikan Dana di bank. Dokumen ini hanya untuk menyakinkan keduataan bahwa anda benar mempunyai biaya hidup cukup selama berpergian. Bukti keuangan bisa dari slip gaji atau fotokopi buku tabungan pribadi.

  • Surat keterangan kerja atau sekolah/kuliah

Terakhir yang harus anda siapkan adalah surat keterangan. Bagi anda yang berstatus karyawan maka harus memiliki surat keterangan dari perusahan yang mempekerjakan anda di luar negeri. Sedangkan untuk status pelajar dan mahasiswa dapat menyertakan surat keterangan dari sekolah atau universitas di negara yang dituju. Dokumen ini akan memudahkan anda dalam proses pembuatan visa.

Recent Posts

7 Tempat Wisata Kuala Lumpur Yang Harus Ada di Bucket Listmu

Tiket pesawat domestik mahal? Jangan khawatir, Ada banyak sekali tempat wisata Kuala Lumpur yang bisa kamu jelajahi dengan mudah dan…

5 tahun ago

10 Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Saat Jalan Jalan ke Malaysia

Jalan jalan ke Malaysia akan terasa menyenangkan apabila mengajak  pasangan dan merencanakan agenda liburan dari 10 tempat wisata ini. Sudah…

5 tahun ago

Mengenali Sungai – Sungai di Malaysia yang Fenomenal

Ingin mengenali macam-macam sungai di Malaysia yang fenomenal? Mari kita simak artikel berikut yang akan membawa Anda untuk mengupas lebih jauh.…

5 tahun ago

Ingin Liburan Aman dan Nyaman? Ikuti Tips Traveling ala Backpacker ke Malaysia

Sebagian besar wisatawan Asia mungkin lebih sering berlibur di Kota Singa, namun tidak ada salahnya untuk mencoba traveling ala backpacker…

5 tahun ago

Jalan Jalan Lebih Nyaman Karena Malaysia Visa Sudah di Tangan

Hai sobat BefreeTour, liburan sebentar lagi nih, sudah merencanakan liburan belum? Liburan dalam negeri atau luar negeri? Dua dua nya…

5 tahun ago

7 Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

Jalan-jalan ke Malysia pastinya akan lebih sempurna jika anda mencicipi berbagai makanan khas malaysia yang menggugah selera. Malaysia negara paling…

5 tahun ago