Selain Jalan-Jalan ke Penang, Jangan Lewatkan 10 Destinasi Wisata Ini!

Selain Jalan-Jalan ke Penang, Jangan Lewatkan 10 Destinasi Wisata Ini!

2019-07-26 12:51:03

Jalan-jalan ke Penang mungkin akan menjadi pengalaman baru buat kamu, tetapi jangan sampai melewatkan 10 objek wisata unik di Malaysia. Penang merupakan wilayah administrasi tingkat pertama dari Negeri Jiran yang terdiri dari Seberang Perai dan Pulau Pinang. Kota wisata yang satu ini memiliki beragam budaya, pesona alam tiada dua, hingga tempat belanja dan kuliner khas.

Tidak heran jika banyak wisatawan, baik lokal maupun luar negeri berdatangan untuk menikmati liburan menyenangkan di Kota Penang. Tetapi tidak ada salahnya untuk menghabiskan sisa liburan 2 hari terakhir dengan menjelajah objek wisata lain. Berikut ini adalah tempat wisata terbaik Malaysia yang direkomendasikan untuk kamu yang butuh referensi selain jalan-jalan ke Penang:

1. Kinabalu Mountain

kinabalu mountain

photo by @pacer.jubjaeng

Gunung Kinabalu merupakan gunung tertinggi kelima di Asia Tenggara yang memiliki ketinggian 4.095 meter di atas permukaan laut. Gunung ini juga ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO. Sudah pasti Gunung Kinabalu akan menyuguhkan pesona alam menakjubkan bagi para wisatawan.

Pemerintah bekerjasama dengan perusahaan swasta untuk membangun fasilitas lengkap di Gunung Kinabalu. Jadi, jangan heran ya jika kamu menemukan penginapan pada ketinggian 3200 meter, pos, kamar mandi, helipad hingga tempat makan. Lumayan sebagai tempat beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak. Uniknya mendaki gunung ini adalah, kamu akan diberikan sertifikat khusus pendaki. Bagaimana? Tempat wisata yang lebih asyik dari sekedar jalan-jalan ke Penang bukan?

2. Mengalum Island

mengalum island

photo by @jeremyli0727

Pulau yang berlokasi di Pantai Barat Sabah ini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan China. Mengalum Island dikenal dengan pantai berpasir putih dan warna lautnya yang biru jernih. Sepanjang tahun, objek wisata bahari ini banyak dikunjungi wisatawan terutama mereka yang berasal dari China.

Setiap tahun baru China sekitar awal Mei, Juli, Agustus, dan Oktober menjadi periode dari kedatangan turis China. Jika cuaca sedang baik, perjalanan ke Mengallum Island hanya menempuh sekitar 1 jam. Apakah kamu ingin berwisata ke pulau ini? Tenang saja banyak akomodasi yang akan memudahkan liburan kamu, tersedia penginapan, olahraga air bisa kamu nikmati. 

3. Little India Kuala Lumpur

little india

photo by @huyen.trt 

Tempat wisata yang patut kamu datangi selain jalan-jalan ke Penang adalah Kuala Lumpur tepatnya di kawasan Little India. Distrik ini dikenal sebagai perkampungan kecil dengan mayoritas penduduk keturunan Indian. Penggemar film India mungkin dapat mengobati nostalgia akan Bollywood dengan berkunjung ke tempat ini.

Meskipun tidak begitu luas, tetapi Little India memiliki berbagai kebutuhan wisatawan cukup lengkap. Mulai dari aksesoris khas India, pakaian tradisional, hingga kuliner tersedia disini. Berbagai barang unik dari India ditawarkan secara bebas di kawasan ini. Belilah beberapa buah tangan seperti perhiasan, fashion, herbal, atau souvenir cantik ala Negeri Bollywood. 

4. The Habitat Penang Hill

The Habitat Penang Hill

photo by @malaysiatravelresorts

Jalan-jalan ke Penang kurang lengkap jika tak mengunjungi salah satu pemandangan alam yang recomended banget, yaitu The Habitat Penang Hill. Nikmati panorama Kota Penang dari atas ketinggian melalui kereta Bukit Bendera. Keelokan alam di tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan manca. 

5. Poring Hot Spring

poring hot spring

photo by @mrahmanjs

Poring Hot Spring berlokasi di kawasan wisata kota Kinabalu yang berupa pemandian air panas. Tempat ini dipercaya mampu merilekskan tubuh dari kepenatan rutinitas kamu. Selain kolam air panas juga terdapat beberapa kawasan rekreasi seperti Taman Rama-rama, Pusat Pemeliharaan Orkid, Tapak Bunga Rafflesia, air terjun dan lain sebagainya. Disediakan juga fasilitas untuk pengunjung diantaranya ruang ganti dan ruang mandi tertutup. Oh ya, Poring Hot Spring dibuka setiap hari mulai dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore.

6. Genting Skyway

genting skyway

photo by @travellifebyjk

Genting Skyway berada di puncak pegunungan Titiwangsa yang termasuk kereta kabel tercepat di dunia dan terpanjang di Asia Tenggara. Kamu bisa melihat pemandangan 360 derajat dari hutan hujan yang berusia 130 juta tahun. Setelah naik gondola kamu bisa mengeliling Resort Genting Highlands, berbagai fasilitas dan wahana menarik siap memanjakan liburan kamu. Mulai dari theme park, lapangan golf, pusat perbelanjaan, simulator sky diving, hall konser, hingga kasino. 

7. Manukan Island

manukan island

photo by @aydaliew

Pulau Manukan merupakan pulau kedua terbesar di Taman Tunku Abdul Rahman dan secara resmi juga menjadi Taman Laut Nasional. Akses ke Pulau Manukan dapat ditempuh dengan menggunakan perahu. Bagi kamu yang suka dengan olahraga air, Pulau Manukan adalah tempat yang sempurna untuk memuaskan hobimu tersebut. Baik snorkeling atau diving memberikan pengalaman wisata bahari yang menakjubkan. 

Kamu juga dapat menikmati serunya naik jet ski menjelajah sekeliling pantai tropis, memancing, mencoba banana boat, menaiki perahu glass bottom , selancar angin, dan juga parasailing. Semua kegiatan dijamin aman karena telah disesuaikan dengan prosedur keselamatan seperti memakai peralatan lengkap dan didampingi oleh pemandu profesional.

8. Dataran Merdeka

Dataran Merdeka

photo by @nathanandlaurence

Dataran Merdeka merupakan komplek wisata terbuka sebagai saksi bisu penurunan bendera Inggris yang diganti dengan bendera Malaysia pada tanggal 31 Agustus !957. Maka dari itu setiap peringatan kemerdekaan Malaysia, Dataran Mereka tidak pernah absen sebagai lokasi Parade Kemerdekaan yang meriah. Jika berkunjung ke Dataran Merdeka, kami sarankan saat sore atau malam hari dimana kamu bisa merasakan euphoria kota dengan gemerlap lampu berwarna-warni.

9. KL Tower

kl tower

photo by @_eun_binn

Menyukai atraksi penguji nyali? Datanglah ke KL Tower. Menara tertinggi ibu kota ini menawarkan pengunjung berupa atraksi menantang di Skybox. Dimana pengunjung harus memasuki ruangan kubus transparan yang bertengger pada ketinggian 282. Selain itu kamu juga dapat menikmati santap unik dengan pemandangan cakrawala pusat kota tanpa batas. 

10. Central Market  

central market

photo by @adcpictures 

Dari Petaling Street kamu hanya memakan waktu beberapa menit untuk menuju ke Central Market atau pasar Seni. Dibangun sejak tahun 1888 Central Market dulunya digunakan sebagai pasar yang menjual berbagai bahan makanan. Sekarang tempat ini tidak hanya berperan sebagai objek wisata belanja melainkan salah satu situs bersejarah di ibu kota.

Sebelum para turis kembali ke negara asal, mereka akan meluangkan mengunjungi Central Market untuk membeli oleh-oleh khas Malaysia. Mulai dari kerajinan tangan, pakaian tradisional, souvenir, hingga cemilan dapat Anda temukan. Central Market juga memiliki panggung terbuka yang menghadirkan pertunjukan seni dan budaya.

Bagaimana? Tertarik liburan ke kota lain selain jalan-jalan ke Penang? Tunggu apalagi? Ajak sanak saudara kamu menjelajah keseruan Negara Upin dan Ipin. Masih banyak tempat wisata di Malaysia yang mungkin belum terekspos ke media. Jadi, jangan hentikan rasa penasaranmu untuk melakukan ekspedisi khusus menyusuri jejak wisata terunik di Negeri Jiran ya. 

Befree Support Team