Tempat Bersejarah di Malaysia yang Wajib Traveler Sambangi

Tempat Bersejarah di Malaysia yang Wajib Traveler Sambangi

2019-07-30 15:22:56

Negeri Jiran memiliki banyak kemiripan dengan Indonesia, mulai dari kuliner, tradisi, kebudayaan, tempat wisata, hingga tempat bersejarah di Malaysia. Namun, meski banyak kesamaan, Malaysia tetap menjadi negara favorit bagi warga Negara Indonesia yang ingin berlibur.

Nah, jika kamu juga tertarik untuk berlibur ke negara tetangga dan membutuhkan referensi beberapa tempat wisata Malaysia. Maka simak ulasan tempat bersejarah di Malaysia yang harus traveler kunjungi.

1. Christ Church Melaka

Christ Church Melaka

Photo by @sinzagporean

Christ Church Melaka merupakan tempat bersejarah di Malaysia pertama yang wajib traveler kunjungi ketika berlibur ke Malaysia. Gaya bangunan gereja tertua yang ada di Malaka ini didominasi oleh arsitektur Eropa dengan dinding yang tebal, megah dan memiliki tiang yang tinggi. Bangunan  abad ke-18 ini berada di bawah yurisdiksi Keuskupan Anglikan Malaysia Barat. Selain sebagai sarana beribadah, Christ Church juga digunakan sebagai tempat wisata sejarah bagi traveler.

2. Lembah Bujang

Lembah Bujang

Photo by @cassieljing

Lembah Bujang adalah tempat bersejarah di Malaysia selanjutnya yang wajib traveler kunjungi saat melancong ke Negeri Jiran. Lembah Bujang sendiri merupakan kompleks bersejarah atau museum yang memiliki luas sekitar 224 kilometer persegi. Museum yang terletak di antara kawasan Gunung Jerai dan Sungai Muda ini dianggap sebagai sebuah kawasan yang menyimpan arkeologi paling kaya di Malaysia. Hal ini terbukti dengan adanya banyaknya penemuan artifak sejarah hingga saat ini. Museum yang dirasmikan oleh Sultan Kedah pada 23 Januari, 1980 ini merupakan museum arkeolog pertama yang dibangun di Negeri Jiran.

3. Royal Selangor Club

Royal Selangor Club

Photo by @amazingworldgateway

Tempat bersejarah di Malaysia yang terletak di dekat Dataran Merdeka dan Museum Sejarah Nasional ini didirikan pada tahun 1884. Pada mulanya Royal Selangor Club dibangun dari papan dengan atap yang terbuat dari jerami. Fungsi Royal Selangor Club sebenarnya adalah untuk markas sebuah klub kriket dari kalangan pendatang.

Sampai akhirnya pada tahun 1890, Royal Selangor Club mengalami banyak perubahan dengan digantinya struktur bangunan yang diganti dengan kayu. Selain itu, Royal Selangor Club juga memiliki dua lantai. Informasi tambahan, Royal Selangor Club dirancang oleh arsitek terkenal bernama AC Norman. Dimana tahun 1990 bangunan ini beralih fungsi menjadi pusat pertunjukan teater. 

4. Fort Cornwallis

Fort Cornwallis

Photo by @all.four.u

Fort Cornwallis merupakan bangunan bersejarah yang terletak di samping Queen Victoria Memorial Clock Tower. Benteng yang berdiri pada tahun 1786 ini berfungsi untuk menahan serangan dari Kesultanan Kedah maupun dari serangan kolonial Perancis. Fort Cornwallis dibangun oleh Francis Light yang merupakan penemu Pulau Pinang. Saat memasuki kawasan ini, traveler akan disambut oleh patung Francis Light. Cornwallis sendiri diambil dari nama seorang jenderal dan gubernur Kolonial Britania Raya, yaitu Charles Cornwallis.

Saat memasuki benteng, kamu akan menemukan barak, sel penjara, dan beberapa ruang penyimpanan yang saat ini sudah beralih fungsi menjadi Museum. Selain itu juga terdapat sebuah kapel kecil yang masih kokoh berdiri di sudut kompleks benteng. Menurut beberapa sumber, kapel ini merupakan kapel pertama yang dibangun pada tahun 1799. Selain kapel dan museum di dalam area ini juga terdapat beberapa meriam peninggalan sejarah dan mercusuar yang sudah tidak berfungsi.

5. Stadthuys

Stadthuys

Photo by @twiteto

Stadthuys merupakan tempat wisata yang terletak di jantung Kota Malaka. Bangunan ini memiliki ciri warna merah dadn dibangun pada tahun 1650. Pada masanya Stadthuys difungsikan sebagai pusat administratif dan kantor bagi Gubernur Belanda.

Stadthuys sendiri berada di kawasan Red Square, dimana seluruh bangunan yang ada di area ini dicat dengan cat warna merah. Saat mengunjungi tempat ini kamu bisa berjalan kaki dan menyusuri deretan bangunan bergaya kolonial klasik yang cocok untuk mengisi feed instagram  kamu.

6. Sultan Abdul Samad Building

Sultan Abdul Samad Building

Photo by @topitovoyage

Sultan Abdul Samad Building merupakan tempat bersejarah, dimana bendera Malaysia pertama kali dikibarkan. Bangunan yang berdiri sejak tahun 1897 ini sangat kental dengan suasana Timur tengah. Selain itu juga terdapat bangunan yang tidak kalah terkenal, Sultan Abdul Samad Building yang berfungsi sebagai kantor Kementerian Informasi, Komunikasi dan Budaya. Sultan Abdul Samad Building beralamat di Jalan Tun Perak, sangat dekat dengan Dataran Merdeka di Jalan Sultan Hishamuddin.

7. Masjid Jamek

Masjid Jamek Sultan Abdul Samad

Photo by @iamsilviaspigarelli

Masjid Jamek adalah salah satu masjid tertua di Malaysia yang memiliki arsitektur unik. Masjid yang dibangun sejak zaman penjajahan Inggris ini memiliki desain arsitek bergaya Mughal, Islam, dan Moor.

Selain beribadah kamu bisa menikmati pesona dari keindahan masjid yang megah ini. Hal yang perlu traveler ingat saat mengunjungi Masjid Jamek adalah, tempat ibadah ini akan ditutup ketika waktu sholat sudah dimulai. Tetapi tenang, traveler yang beragama muslim masih bisa merasakan sensasi berdoa di masjid megah nan unik  ini.

Apalagi jika kamu mengunjungi Masjid Jamek di malam hari, maka kamu akan mendapati sebuah pemandangan yang luar biasa indah dari cahaya lighting masjid. Bagaimana? Tertarik berkunjung? Masjid yang menjadi saksi perkembangan sejarah Islam di Malaysia ini sayang jika dilewatkan.

8. Thean Hou Temple

Thean Hou Temple

Photo by @travelanddiveblog

Satu lagi lokasi wisata bersejarah yang wajib traveler dikunjungi ketika berlibur ke Malaysia, tempat tersebut adalah Thean Hou Temple. Thean Hou Temple sendiri merupakan salah satu kuil buddha terbesar sekaligus tertua di Asia tenggara. Kuil yang beralamat di Jalan Klang Lama Road ini memiliki julukan sebagai Dewi Surga. Thean Hou dibangun pada tahun 1894, terkenal akan arsitektur dari kontemporer dan tradisional. Hal ini ditandai dengan adanya beberapa ornamen rumit dan prasasti khas tiongkok.

9. Kellie’s Castle

Kellie Castle

Photo by @kobybrown

Kellie’s Castle atau rumah keluarga Kellie’s merupakan sebuah bangunan bersejarah yang di bangun sejak tahun 1910 oleh seorang petani terpandang dari Skotlandia. Petani tersebut bernama William Kellie Smith. Bangunan ini terdiri dari tiga tingkat, memiliki desain arsitek menyerupai istana Mughal yang ada di Bandara Agra, India.

Bangunan Kellie’s Castle terbagi menjadi 14 ruangan, beberapa diantaranya adalah ruang bawah tanah dan terowongan rahasia. Uniknya, terowongan rahasia Kellie’s Castle dilengkapi dengan lift yang  merupakan bangunan lift pertama di tanah Melayu. Di lantai dua terdapat bangunan lain yang tidak kalah unik seperti lapangan tenis terbentang luas. 

10. A Famosa

A Famosa

Photo by @kavita889

A Famosa adalah salah satu situs sejarah berupa benteng dan dibangun oleh bangsa Portugis saat masih menjajah Malaka. Terletak di tengah kota, benteng yang sudah berdiri 5 abad yang lalu ini menjadi bangunan peninggalan bangsa Eropa tertua di Asia Tenggara. 

A Famosa merupakan salah satu benteng terpenting bagi bangsa Portugis untuk mempertahankan daerah kekuasaan. Hal ini karena Malaka dulunya menjadi pusat perebutan kekuasaan dengan bangsa Belanda. (RW)

10 Wisata di Kuala Lumpur Ramah Anak dan Keluarga

Kuliner di Kuala Lumpur, Wajib Mampir ke 7 Tempat Makan Ini!

10 Tempat Makan di Kuala Lumpur yang Paling Laris!

10 Destinasi Wisata Malaysia yang Membuat Wisatawan Terpesona

10 Hotel Kuala Lumpur yang Menawarkan Fasilitas Berkelas

Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-Oleh dari Malaysia

Tempat Bersejarah di Malaysia yang Wajib Traveler Sambangi

Tentukan Itinerary Malaysia Singapore dari 10 Destinasi Wisata Ini!

10 Destinasi Populer untuk Backpacker Malaysia

10 Tempat Belanja Murah di Kuala Lumpur

Susun Itinerary Malaysia untuk Wujudkan Liburan Terbaik di Negara Tetangga

Tour Singapore Malaysia, Jangan Lewatkan Kunjungan ke 10 Destinasi Populer Ini! 

10 Tempat yang Harus Dikunjungi saat Liburan ke Malaysia!

Nikmati Perjalanan Wisata Seru ke 10 Tempat Menarik Malaysia

10 Destinasi Wisata Malaysia Anti Mainstream 2019!

Tips Asik Jalan Jalan ke Kuala Lumpur Pertama Kali

10 Oleh Oleh Kuala Lumpur yang Membuat Tergiur

8 Street Food Malaysia yang Menggugah Selera

Cicipi 10 Kuliner Kuala Lumpur yang Menggugah Selera

Nikmati Liburan tanpa Beban di Negara Bebas Visa

10 Wisata Alam selain Pantai di Malaysia yang Patut Anda Kunjungi!

Wow! 8 Snack Malaysia Ini Bisa Kamu Jadikan Oleh-Oleh Khas Negeri Jiran Loh!

Oleh Oleh Khas Malaysia yang Banyak di Serbu Pembeli

5 Objek Wisata Kuala Lumpur Yang Wajib Dikunjungi

Yuk, Plesiran Ke 6 Tempat Wisata Murah Kuala Lumpur

Melancong ke 5 Tempat Wisata Di Selangor

Liburan Anti Karat Ke 5 Tempat Wisata Hemat Kuala Lumpur

Hangout Asyik Ke 5 Tempat Nongkrong Di Kuala Lumpur

Eksplore 5 Tempat Wisata Dekat Bukit Bintang Kuala Lumpur

Shopping Tanpa Jeda Ke 5 Tempat Belanja Di Kuala Lumpur

Eksplore 5 Objek Wisata Genting Malaysia

Refreshing Ke 5 Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Untuk Remaja

7 Tempat Wisata Malaysia Selain Kuala Lumpur

Nikmati Keseruan Liburan ke 6 Tempat Wisata Malam Kuala Lumpur

Eksplore 5 Tempat Menarik Di KL Sentral

8 Tempat Menarik Di Kuala Lumpur Waktu Malam

Melancong Ke 8 Tempat Menarik Di Kuala Lumpur

Rekreasi Keluarga Ke 7 Tempat Wisata Anak Kuala Lumpur

Liburan Seru Ke 6 Tempat Wisata Kuala Lumpur Gratis

Berburu Wisata Kuliner Kuala Lumpur 2019

5 Tempat Wisata Di Kuala Lumpur Dan Genting

5 Tempat Wisata Dekat Bukit Bintang Kuala Lumpur

Ciptakan Liburan Berkesan Ke 5 Tempat Wisata Di Genting

Plesiran Ke 7 Tempat Wisata Murah Di Kuala Lumpur

Kunjungi 5 Objek Wisata Di Kuala Lumpur

Melancong Ke 5 Tempat Wisata Malaysia Selain Kuala Lumpur

5 Tempat Wisata Di Kuala Lumpur Dan Biayanya

7 Tempat Yang Harus Dikunjungi Di Kuala Lumpur 2019

Ini Dia 5 Tempat Wisata Anti Mainstream Di Kuala Lumpur

Explore 7 Wisata Malam Kuala Lumpur

5 Tempat Instagramable Di Kuala Lumpur 2019

Liburan Asyik Ke 5 Wisata Kuala Lumpur Gratis

5 Wisata Malaysia Backpacker Favorit Pemula

5 Tempat Wisata Di Kuala Lumpur Malaysia

Ajak Keluarga Berlibur Ke 7 Objek Wisata Kuala Lumpur

7 Tempat Wisata Di Kuala Lumpur Favorit Wisatawan

Ini Dia 7 Tempat Wisata Di Malaysia Pilihan Wisatawan

Eksplore 5 Tempat Wisata Malaysia Paling Populer

Yuk Ke 5 Tempat Wisata Di Malaysia Dan Letaknya Yang Strategis

Liburan Seru Ke 7 Tempat Wisata Di Malaysia

Temukan Banyak Keajaiban di Ripleys Adventureland

Menjelajahi Farm in the City !

Cobalah permainan game menyenangkan di The Rift Virtual Reality Adventure Center

KL Tower Malaysia, Sensasi Bersantap di Ketinggian 421 meter !

Sambangi Ribuan Ikan dan Biota Laut Unik di Aquaria KLCC

Menjelajahi Wisata Warisan dan Budaya Kuala Lumpur

Melihat Cahaya Kelap-kelip dari Kunang-kunang di Fireflies Night Cruise Kuala Selangor

Berpetualang di Angry Bird Johor Bahru Malaysia

Menikmati Keseruan di Movie Animation Park Studios

Jelajahi Kuala Lumpur dengan KL Hop On Hop Off Bus

Mengunjungi Bangunan Kembar Tertinggi di Dunia Petronas Twin Towers

Wahana Genting Highlands terbesar di Malayasia

Sunway Lagoon, Perpaduan Paripurna antara Waterpark dan Themepark

Asiknya Mengunjungi KL Tower Mini Zoo

KidZania Kuala Lumpur Tempat Bermain dan Belajar Tentang Berbagai Macam Pekerjaan di Dunia

Jelajahi Serunya Dunia Fantasi Sanrio Hello Kitty dan Thomas Town Malaysia

Mengenal Lebih Dalam Transportasi Darat di Kuala Lumpur Malaysia

Pelabuhan di Malaysia Sebagai Sarana Penyeberangan

7 Bandara di Malaysia yang Paling Sibuk

Sistem Kereta Api di Kuala Lumpur Malaysia

Berkeliling dengan Bus di Kuala Lumpur Malaysia

Wajib Coba 7 Tempat Romantis Ini, Saat Honeymoon di Malaysia

7 Tempat Wisata di Kuala Lumpur Ramah Anak

Liburan di Kuching : Nikmati 10 Destinasi Asyik Serba Kucing

Wisata Belanja: 7 Tempat Berburu Diskon di Kuala Lumpur!

Wajib Dicoba: 9 Jajanan Khas Malaysia yang Menggoda Selera

Wajib Beli ! Ini Dia 5 Oleh-Oleh Khas Malaysia

7 Tempat Wisata di Malaysia untuk Anak yang Seru Abis

Berwisata ke 7 Tempat Wisata di Kuching Malaysia

Piknik ke 7 Tempat Wisata di Johor Malaysia

Ajak Buah Hati Anda ke 10 Tempat Wisata Anak di Malaysia

Liburan Seru di 7 Tempat Wisata Terkenal di Malaysia

Yuk Kunjungi 7 Tempat Wisata di Malaysia Kuala Lumpur

Kuala Lumpur: Tempat Wisata di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Wajib Kunjungi Tempat Wisata di Melaka Malaysia Ini

10 Tempat Wisata di Penang Malaysia Terfavorit

7 Tempat Wisata Favorit Malaysia yang Memanjakan Mata

Tempat Wisata di Kuala Lumpur Malaysia 2018, Destinasi Ini Wajib Traveler Kunjungi

Menjelajah Tempat Wisata di Malaysia 2018

Berkunjung Ke Negeri Jiran, Jangan Ketinggalan Destinasi Tempat Wisata di Malaysia ini

5 Tempat Wisata di Kuala Lumpur yang Terbaik

Befree Support Team