Tips Itinerary Ho Chi Minh untuk Anak Backpacker

Tips Itinerary Ho Chi Minh untuk Anak Backpacker

2019-07-13 12:06:50

Cobalah berwisata ransel ke Negeri Paman Ho, pastikan susun itinerary Vietnam dalam lingkup luas atau itinerary Ho Chi Minh untuk fokus wisata kota. Jelajahi keelokan dari destinasi wisata Vietnam seperti ke kota Ho Chi Minh. Eh, sebelum itu kamu tau gak sih apa itu backpacker? Backpacker adalah seseorang atau kelompok turis yang berwisata menyimpan barang-barangnya menggunakan tas ransel dan biasanya membawa badget pas-pasan. Nah kami akan membagikan tips untuk kamu tentang itinerary backpacker ke Vietnam. Simak baik-baik tips berikut ini.

1.  Susun Jadwal Perjalananmu dan Buatlah Rencana Tentang Apa Aja yang Pengen Kamu Lakuin

planning

photo by @dinxko 

Sebelum berwisata ala backpacker, pastikan dahulu berapa budget yang kamu bawa. Kemudian buat jadwal perjalanan akan kemana dan dimana. Membuat itinerary Ho Chi Minh atau jadwal perjalan Ho Chi Minh akan membantu kamu mengatur waktu liburanmu. Keuntungannya kamu disana tidak membuang-buang waktu seperti berapa jam kamu akan menikmati destinasi suatu tempat, berapa jarak dan waktu yang ditempuh ketika berkunjung ke suatu objek wisata.

Lebih efisien kalau kamu sudah mengatur jadwal seperti itu. Bagaimana caranya? Kamu bisa mencari tahu jadwal bus, kereta, atau transportasi lain terlebih dahulu. Kemudian pelajari tentang objek wisata yang ingin dikunjungi dengan mempertimbangkan jumlah uang dan waktu tempuh transportasi. Tidak ada salahnya kamu mengunjungi objek wisata sejarah, apalagi bagi kamu yang suka banget nonton film perang dapat menyambangi The History of Cu Chi Tunnels Day Tour, dijamin puas deh.

2. Bergegas Membeli Tiket!

tiket

photo by @danielakrak

Hindari penerbangan pada saat musim-musim tertentu misalnya pada high season atau peak season, sudah pasti kamu akan kehabisan tiket pesawat. Pesanlah tiket pesawat PP (pulang-pergi) jauh hari sebelum datangnya high season. Usahakan membeli tiket dengan promo atau diskon. Pilihlah tujuan kedatangan dan keberangkatan pesawat, misalnya dari CGK ke SGN atau lainnya. Disarankan juga untuk memilah tempat wisata Vietnam mana yang kamu kunjungi terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui apakah disana terdapat Bandara Internasional sehingga membuat wisatawan dapat menentukan landasan udara yang berdekatan dengan objek wisata.

3.  Gunakan Bus Open Trip untuk Berhemat 

bis

photo by @chatkaewtour

Sebagai seorang backpacker kamu wajib menggali informasi tentang tiket yang murah, gratisan, atau yang bakal menghemat biaya. Nah, menggunakan bus open trip dapat membantu kamu mengunjungi beberapa tempat yang masuk dalam daftar list itinerary Ho Chi Minh. Lebih hemat jika ingin berpindah dari kota satu ke kota lain dengan bus ini hanya membayar 230.00 VND (mata uang Vietnam) untuk maksimal 10 perjalanan. Tetapi tetap bergantung dengan jarak rute yang ditempuh.

Tips easter egg nih, sebelum memesan bus open trip kamu harus memastikan rute yang menurutmu praktis untuk menghemat uang. Cari agen penjualan tiket murah di internet, terakhir tawarlah dengan harga rendah sampai dapat. Jika kamu menggunakan tips ini, sebaiknya menaiki bus open trip pada malam hari saat pindah ke kota lain agar irit biaya menginap.  Oh iya, sekedar mengingatkan walaupun kamu backpacker jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Vietnam.

4.  Hostel Pilihan Para Backpacker

hostel

photo by @widiashufi

Tempat strategis dan favorit untuk menginap para backpacker adalah hostel. Kunjungi daerah yang sering dikunjungi para turis, karena kamu akan menemukan hostel murah, bahkan cukup dengan membayar Rp 100.000 sampai Rp 200.000 per malam. Cocok untuk wisatawan dengan modal tipis bukan?

Selain tempat yang murah, ramah, dan nyaman, kamu juga bisa bertemu dengan backpacker lain di hostel. Jadi kamu dapat saling bertukar informasi soal tempat wisata di Vietnam , bahkan menambah daftar itinerary Ho Chi Minh. Beruntung? Tentu saja! Kamu bisa mendapat info menarik selain mendapat teman baru untuk liburanmu. Tidak jarang dari mereka akan mengajak mengajak kamu untuk berwisata bersama.

Rekomendasi buat kamu wisatawan jika berada di Ho Chi Minh City untuk memilih penginapan sekitar Pham Ngu Lao District 1, sebab harga hostel disana cukup terjangkau. Namun apabila kamu di Hanoi, maka carilah sekitar kawasan Old Quarter. Hanya mengingatkan utamakan keselamatan dan kenyamanan. Jadi jangan gampang tergiur karena harganya murah saja, liburan murah tapi gak selamat juga percuma.

5. Perlu Ditukar dengan USD!

money

photo by @_invest_with_donna_michelle

Siapkan sakumu, kumpulkan biaya berwisata bersama teman atau rekan backpacker. Jangan lupa tukarkan saku rupiah mu ke bank terdekat dalam bentuk US Dollar. Karena bakal sulit untuk kamu menemukan tempat menukar mata uang asing atau money changer. Kenapa harus US Dollar? Kenapa tidak mata uang asli Vietnam saja? Sebab selain agar memudahkan dalam bertransaksi, menukarkan uang Rupiah ke US Dollar meninggikan nilai mata uang kamu tinggi daripada mata uang lokal.

6. Tetap Waspada dan Berhati-hati

belt

photo by @amtraveller_shop

Berkunjung ke negeri orang tak menjamin bakal aman terus. Jika kamu berlibur ke Vietnam atau kemanapun tetaplah selalu waspada dan hati-hati. Di Vietnam angka kriminalnya tidak serendah Indonesia, kasus pencopetan, penipuan pada turis juga tak sedikit. Maka kalau mau berlibur, uang harus diletakan pada tempat terpisah. Memakai pengamanan untuk barang berharga juga perlu seperti money belt. Janganlah mudah percaya pada omongan orang asing. Selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan apapun.

7. Menelusuri Destinasi yang Gratis

free

photo by @first_131

Bisa saja kamu memilih salah satu liburan yang berbayar seperti Ho Chi Minh City Morning Tour, tapi bagi kamu seorang backpacker kayaknya bakal sedikit berat hati kalau mengeluarkan uang untuk masuk ke suatu tujuan wisata. Untuk anak backpacker kata “Gratis” bakal jadi hal yang sering kamu jumpai bahkan kamu cari-cari. Untuk itu kamu perlu menelusuri poin-poin mana yang terlihat gratis.

Di Vietnam sendiri ada beberapa objek wisata gratis seperti, Central Post Office, People's Committee Hall, Domaine De Marie, dan masih banyak lagi. Masukan semua objek-objek wisata itu ke dalam list itinerary Ho Chi Minh, kemudian kunjungi tempat pertama sesuai dengan apa yang kamu mau.

Sudah cocok dengan tips yang kami jelaskan? Bagaimana? Tertarik mengunjungi Vietnam dengan modal setipis daun pohon? Berpetualang ala backpacker mungkin menjadi salah satu hal yang menakjubkan dalam hidupmu. Merasakan bagaimana menjelajahi negeri orang dengan bekal seadanya. Berpikir kreatif agar tidak sengsara di jalan, dan pastikan membangun relasi sesama backpacker yang lain. Selama nafas masih berhembus, dan cahaya matahari masih bisa kamu sambut dengan senyum. Setidaknya dalam hidup kamu perlu mengambil resiko, dan berekspektasi secukupnya untuk menghadapi dunia di luar sana. (TR)

Befree Support Team