jalan jalan ke Singapore: Buddha Tooth Relic Temple and Museum
Photo by @telleroftravels

Kenapa banyak orang Indonesia memilih liburan dengan jalan jalan ke Singapore? Jawabannya sudah pasti, karena negara ini aman, tertib dan modern. Meskipun negara bersimbol kepala singa ini lebih kecil daripada New York, tapi jangan salah kemajuan ekonomi dan teknologinya mampu mengungguli negara besar di Asia.

Mungkin bagi traveler berduit liburan ke Negara Merlion sudah seperti hobi, tapi bagaimana dengan anda yang memiliki budget terbatas? Jangan pesimis dulu, Anda juga bisa menikmati perjalanan seru di Singapura dengan mengikuti panduan liburan hemat bersama kami. Tidak perlu menunggu lebih lama, simak beberapa cara liburan asyik di Singapura mulai dari akomodasi, itinerary dan tips hemat lainnya dibawah ini:

1. Akomodasi Wisata Singapura

Hal pertama yang harus dipersiapkan tentu saja akomodasi, ada beberapa hal yang harus anda rencanakan dengan matang diantaranya:

  • Perpanjang Masa Aktif Paspor
jalan jalan ke Singapore: Passport
Photo by @little_red_passport

Jika ke luar negeri pastikan masa berlaku paspor anda tidak kurang dari 6 bulan, jangan sampai hal ini mengganggu jadwal keberangkatan. Sebagai contoh umum, apabila anda berencana ke Singapura tanggal 15 Juni 2019, maka setidaknya masa habis berlaku paspor anda adalah tanggal 30 Desember 2019. Di zaman serba modern ini lebih praktis mengurus paspor anda secara online, jadi tidak perlu lagi mengantri di Kantor Imigrasi.

  • Berburu Tiket Pesawat Murah
jalan jalan ke Singapore: Airplane
Photo by @changiairport

Setelah urusan paspor selesai anda bisa memulai persiapan jalan jalan ke Singapore dengan berburu tiket pesawat Low Cost Carrier (LCC). Tigerair, Jetstar dan AirAsia merupakan beberapa maskapai yang sering memberikan penawaran spesial. Apalagi jika bersamaan dengan kalender tertentu anda bisa mendapatkan tiket pesawat harga Backpacker.

  • Pilih Penginapan Harga Bersahabat
jalan jalan ke Singapore: 5footway.inn Project Boat Quay
Photo by @iamsophiasanchez

Akomodasi ketiga ini juga tidak boleh dilupakan, seperti yang diketahui biaya hidup di Negara Singa terbilang cukup tinggi. Untuk menekan pengeluaran anda harus pintar dalam mencari penginapan murah yang berlokasi di tengah kota. Alangkah lebih baik jika memesan penginapan dalam rentang waktu 1 bulan sebelum keberangkatan, karena biasanya harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Selain hotel di Singapura anda bisa menginap di hostel yang memiliki harga rata-rata sekitar 150.000 IDR per malam.

2. Menentukan Itinerary Wisata Singapura

Panduan hemat kedua yang harus anda lakukan adalah dengan membuat itinerary selama masa liburan di Singapura. Kami akan membagikan gambaran simple mengenai perjalanan wisata ke Kota Merlion selama 3 hari.

  • Hari 1 (Kedatangan)
jalan jalan ke Singapore: Changi Airport
Photo by @changiairport

Dimulai dari Bandara Internasional Changi, anda bisa menuju ke hotel yang sudah di pesan jauh hari sebelumnya. Pilihlah transportasi paling murah seperti MRT (Mass Rapid Transportation) yang mungkin dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai tujuan. Setelah sampai di stasiun tujuan anda bisa berjalan kaki untuk menuju ke tempat anda menginap. Manfaatkan hari pertama untuk istirahat atau merapikan barang-barang bawaan selama tinggal di Singapura.

  • Hari 2 (Menjelajah Sentosa Island, Marina Bay Sands dan Gardens by the Bay)
jalan jalan ke Singapore: Sentosa
Photo by @ourediblejourney

Pada hari kedua di Singapura pilihlah rangkaian perjalanan menjelajah dunia impian seperti ke Sentosa Island. Ada banyak wahana dan atraksi menarik yang cocok sebagai hiburan seru bersama keluarga atau teman. Kunjungi Dunia Fantasi Singapura yang dikenal dengan nama Universal Studio Singapore. Setelah melewati perjalanan selama 30 menit menggunakan MRT maka nikmatilah beragam keseruan di negeri dongeng. Tempat ini sempurna untuk agenda jalan jalan ke Singapore pertama kali, berfoto dengan bola dunia atau mencoba menaiki atraksi USS yang menantang.

Puas berkeliling anda bisa melanjutkan perjalanan ke Marina Bay Sands salah satu landmark ikonik Singapura. Ambil beberapa foto kenangan dengan latar belakang simbol kemewahan kota atau menikmati aktivitas bersantai di infinity pool Marina Bay Sands.

Tujuan selanjutnya ada Gardens by the Bay, tempat wisata ini merupakan taman bunga terlengkap dan terbesar di Asia. Anda bisa mengunjungi Gardens by the Bay pada malam hari, dimana wisatawan akan dimanjakan oleh gemerlap lampu-lampu cantik Supertree Grove.

  • Hari 3 (Tapak tilas sudut kota Singapura dari Merlion Park hingga Masjid Sultan)
jalan jalan ke Singapore: Masjid Sultan
Photo by @mariann_yip

Hari terakhir di Singapura dapat dimanfaatkan dengan jadwal lebih padat, pertama anda harus bangun pagi untuk mengemas barang-barang sebelum check out. Tapi sebelum bergegas pulang anda wajib mengunjungi Merlion Park. Bisa dibilang jalan jalan ke Singapore belum afdol tanpa mampir ke Patung Merlion. Tempat ini mudah ditemukan, dari Stasiun Raffles Place anda cukup berjalan kaki selama 10 menit. Terdapat banyak hal menarik yang bisa anda lihat selain berfoto dengan patung singa, yaitu pemandangan megah dari Esplanade, Marina Bay Sands, Singapore ArtScience Museum dan Singapore Flyer.

Tujuan terakhir bisa anda pergunakan untuk menyambangi Masjid Sultan, tempat ibadah umat muslim terindah di Singapura. Masjid ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan non-muslim yang ingin melihat sejarah dan kemegahan bangunannya. Tidak jauh dari Masjid Sultan anda bisa menemukan deretan kuliner ala timur tengah yang cocok sebagai menu makan siang. Jika masih ada waktu longgar, anda bisa mampir ke pusat belanja seperti ke Mustafa Centre untuk membeli beberapa oleh-oleh menarik. Jalan-jalan sudah? Makan dan Belanja sudah? Maka saatnya untuk check-out dari penginapan dan menuju ke Bandara Changi untuk pulang ke Indonesia.

3. Tips Hemat Liburan Di Singapura

  • Gunakan MRT Sebagai Transportasi Utama
jalan jalan ke Singapore: MRT
Photo by @mynameiscm

Kenapa MRT? Karena mayoritas penduduk lokal menggunakan MRT sebagai sarana transportasi Singapore. Alangkah lebih baik menggunakan kartu MRT sebagai alat pembayaran eletronik. Dengan kartu MRT anda bisa dengan mudah kemana saja tanpa harus mengeluarkan ongkos berlebih. Akan lebih hemat jika memilih jenis kartu multi trip yang bisa digunakan untuk MRT dan bus umum.

Dengan membayar sekitar SGD 12, anda akan mendapatkan saldo sebesar SGD 7. Untuk top up sendiri anda bisa mengisi saldo minimal SGD 10, uang elektronik ini juga bisa ditukar dengan cash apabila masih tersisa dan anda sudah akan kembali ke negara asal.

  • Beli SIM Card Lokal
jalan jalan ke Singapore: Singtel
Photo by @joelchoozw

Komunikasi adalah hal terpenting kedua yang harus anda siapkan untuk dapat menikmati jalan jalan ke Singapore dengan hemat. Anda bisa memilih beberapa SIM card local Singapore tapi yang paling umum digunakan adalah provider Singtel. Kartu ini bisa dibeli di toko mini market, tapi pastikan anda membawa paspor sebagai verifikasi data saat ingin menggunakannya. Dengan membayar harga SGD 15, anda bisa memakai saldo sebesar SGD 18 yang lebih dari cukup untuk paket data selama satu minggu.

  • Kunjungi Restoran dengan menu halal
jalan jalan ke Singapore: Summerlong
Photo by @jaim

Singapura memiliki penduduk yang berasal dari berbagai etnis, maka wajar jika makanannya bervariasi seperti olahan daging babi. Bagi anda umat muslim bisa memilih beberapa makanan halal di restoran khas Melayu atau India seperti nasi briyani dan nasi goreng.

Bahkan disini anda masih bisa menemukan tempat makan dengan menu khas Indonesia yang pasti harganya lebih murah. Selain makan besar, anda juga akan dimanjakan dengan kudapan lezat murah meriah. Sebut saja roti prata dari India yang disajikan dengan kuah kare gurih, setiap porsinya hanya dipatok dengan harga SGD.

Author

Write A Comment