Negeri Gajah Putih dikenal memiliki sajian hidangan beragam, tapi bagi umat muslim wajib mencicip 10 kuliner Thailand halal bercita rasa istimewa. Seperti yang kita ketahui, 94.63% penduduk Thailand menganut kepercayaan agama Buddha jadi tidak mengherankan jika negara ini disebut dengan Negeri 1000 Pagoda. Namun ada beberapa warga lokal yang juga menjadi muslim, anda dapat menemukan bangunan tempat ibadah seperti masjid, mushola hingga tempat makan halal.

Wisatawan muslim tidak perlu khawatir apabila ingin merencanakan liburan ke Mueang Thai karena segala kebutuhan wisata anda bisa terpenuhi. Tidak sulit untuk mencari makanan halal di Thailand, mulai dari pusat perbelanjaan, food court hingga street food banyak yang menyajikan menu legal bagi umat muslim. Untuk melengkapi agenda liburan anda selama hitungan minggu di Thailand, kami menyiapkan daftar tempat makan halal yang dapat anda kunjungi. Berikut ulasannya!

1. Pertama Kali Ke Thailand? Jangan Lupa Mengunjungi Restoran Farida Fatornee

kuliner Thailand: Farida Fatornee
Photo by @abdullah.hadiansyah

Jika anda baru pertama kali berkunjung ke Thailand mungkin merasa asing dengan tempat makan ini. Tapi tahukah anda? Farida Fatornee adalah salah satu restoran populer di tengah kota yang menyajikan berbagai kuliner Thailand halal. Jangan salah, Farida si pemilik restoran merupakan warga asli Thailand yang memang menganut agama Islam.

Tapi tenang, Farida fasih berbahasa melayu, anda bisa memesan tanpa kesulitan dengan menggunakan isyarat atau bahasa asing. Restoran yang mendapat predikat bintang 5 dari Tripadvisor ini bisa dengan mudah anda temukan, karena terletak tidak jauh dari Museum Madam Tussaud Bangkok. Kami merekomendasikan menu wajib bagi anda diantaranya ada nasi goreng, Pad Thai, ikan goreng, Som Tam dan Sticky Mango Rice dessert paling juara di restoran ini.

2. Shopping Di Pasar Chatuchak? Wajib Ke Kah Jak

kuliner Thailand: Kah-Jak
Photo by @sugarpinkicing

Siapa yang tidak kenal Pasar Chatuchak? Pasar terbesar di Bangkok ini merupakan tujuan utama wisatawan saat berlibur ke Thailand. Anda dapat menemukan ratusan penjual lokal, mereka menjajakan berbagai macam oleh-oleh hingga deretan kuliner yang menarik untuk dicicipi. Wajib bagi anda untuk mampir ke salah satu tempat makan halal favorit wisatawan muslim, yaitu Kah Jak.

Kedai makan sederhana ini dekat dengan mushola dimana lokasinya sangat strategis bagi pengunjung muslim, karena dapat menikmati makanan lezat dan tidak pusing mencari tempat beribadah. Tempat ini menyediakan hidangan khas Thailand dengan harga yang wajar, tapi menu yang paling dicintai pengunjung adalah nasi goreng bawang putih dengan makarel goreng, Tom Yum,nasi goreng Melayu, Pad Thai, nasi goreng kari hijau, dan sup daging sapi asam pedas.  

3. Selain Kah Jak, Jangan Lewatkan Kedai Sederhana “Yellow Chicken Rice” Di Pasar Chatuchak

kuliner Thailand: Yellow Chicken Rice
Photo by @mstxz

Masih ada satu lagi tempat makan halal di Pasar Chatuchak sebagai pilihan terbaik wisatawan siapa lagi kalau bukan Yellow Chicken Rice. Tempat makan ini menyajikan kuliner Thailand yang menggunggah selera dan memiliki cita rasa yang kaya. Kedai Yellow Chicken Rice sudah memiliki label makanan halal berstandar dari pemerintah setempat, jadi anda dapat menikmati setiap menu di tempat ini tanpa rasa was-was.

Mudah untuk menemukan Yellow Chicken Rice, patokannya adalah penanda toilet 3 dari bagian kanan Pasar Chatuchak. Anda bisa tahu tempat ini dalam sekali berkunjung karena terpasang label halal di depan kedai, dimana Yellow Chicken Rice tepat bersebalahan dengan Toko Zera House.

4. Mencari Tempat Makan Nyaman? Jatuhkan Pilihan Ke Spice & Rice Thai Cuisine

kuliner Thailand: Spice & Rice Thai Cuisine
Photo by @spiceandricethaicuisine

Spice & Rice Thai Cuisine mungkin berbeda dari tempat makan sebelumnya yang berada di keramaian. Jika anda menginginkan tempat lebih tenang dapat mengunjungi restoran ini, dimana pelayanan berkelas adalah bagian utama yang siap memberikan kepuasan pengunjung untuk bersantap di ibukota. Spice & Rice Thai Cuisine memiliki menu unik yang disebut dengan Yum Som, salah satu salad khas Negeri Gajah Putih.

Tetapi anda juga harus mencoba lezatnya Panang Lamb Curry yang meleleh di mulut, atau menikmati sajian menu otentik seperti Tom Yum Seafood. Hanya dari segi harga, per porsi makanan di Spice & Rice Thai Cuisine cukup menguras kantong. Memang harga tidak dapat berbohong dengan membayar menu makanan mulai dari Rp275.000 sampai Rp354.000 anda akan mendapatkan pengalaman bersantap yang tak terlupakan. Tertarik berkunjung? Anda bisa mencari lokasi restoran ini di Sukosol Hotel, 477 Si Ayuthaya Road Phaya Thai, Bangkok.

5. Wisata Kuliner Halal Belum Lengkap Tanpa Ke Restoran Al Hilal

kuliner Thailand: Al Hilal Restaurant Bangkok
Photo by @ouhhesya

Al Hilal, dari namanya pasti anda pasti sudah tahu bahwa tempat makan ini merupakan restoran terkenal di kalangan wisatawan muslim Thailand. Lokasinya yang sangat strategis dapat menjadi tujuan pertama anda untuk menikmati santap siang atau malam dengan menu khas kuliner Thailand.

Meskipun berada di pinggir jalan, kebersihan dan kenyamanan dari sebuah tempat makan bisa anda temukan disini. Selain para karyawannya yang mengenakan hijab, fasilitas di Restoran Al Hilal merupakan yang terbaik. Selesai bersantap makanan seafood anda bisa menikmati pemandangan taman terbuka sambil bersantai atau beribadah dengan di mushola yang sudah disediakan.

6. Ingin Mencoba Makanan Kaki Lima Dengan Rasa Bintang 5? Datang Saja Ke Ratchadamri

kuliner Thailand: Food Park@ Big C Ratchadamri
Photo by @pop_manoch

Jangan bilang pernah liburan ke Negeri 1000 Pagoda tanpa menyambangi tempat wisata kuliner terkenal, Street Food Thailand. Wisata kuliner di Bangkok merupakan salah satu kegiatan menarik yang kami rekomendasikan bagi anda. Tidak perlu bingung mencari kuliner Thailand yang halal, di Ratchadamri anda dapat menemukan deretan pedagang kaki lima yang menjual menu hidangan aman untuk kaum muslim.

Kawasan pusat perdagangan dan bisnis terbesar ibukota ini banyak menawarkan banyak makanan berlabel halal, terutama di dekat minimarket 7-11. Jangan kaget melihat puluhan penjual muslim berjejer di sekitar minimarket ini, mulai dari tempat makan sederhana hingga restoran halal bisa anda kunjungi. Satu yang tidak boleh terlewat jika berwisata kuliner di Ratchadamri, yaitu mencoba hidangan kenyal Noodle soup yang dapat menghangatkan tubuh anda dari dinginnya malam ibukota.

7. Restoran Sara, Tempat Makan Alternatif Untuk Santap Malam 24 Jam

kuliner Thailand: Sara Restaurant, Nouvo Hotel Bangkok
Photo by @hafizmahadzir

Kebanyakan tempat makan di Thailand hanya melayani pengunjung dari pukul 09.00 hingga pukul 22.00. Bagi anda yang malam hari dilanda lapar berkepanjangan bisa mengunjungi salah satu tempat makan halal di Bangkok bernama Restoran Sara Halal. Restoran ini terletak di kawasan Khao San Road yang terkenal sebagai tempat wisata belanja para turis manca. Menu makanan di Sara Halal termasuk dalam kelas premium sehingga sudah dipastikan dari segi rasa dan bahan adalah yang terbaik. Pemiliknya sendiri merupakan orang Islam yang sudah mengetahui seluk beluk standar makanan halal berkualitas bagi pelanggan.

Anda bisa memesan menu makanan seperti kuliner Thailand yang khas, tidak lain tidak bukan adalah Pad Thai. Jika anda bosan dengan olahan khas Negeri Gajah Putih dapat mencoba hidangan ala Western atau Asia yang juga disediakan oleh restoran ini. Staf yang ramah akan melayani anda sepenuh hati dan membantu melengkapi kebutuhan makan malam anda di Restoran Sara Halal. Tempat makan ini berada tepat di lantai dasar Nouvo City Hotel, jadi anda bisa dengan mudah menemukannya dengan menggunakan bantuan GPS atau menaiki transportasi umum di Bangkok.

Author

Write A Comment