Perjalanan wisata ke Negeri Merlion akan lebih berkesan dengan mencicipi berbagai makanan khas Singapura yang siap memanjakan lidah anda. Singapura merupakan salah satu negara yang sempurna untuk menjadi tujuan traveling. Selain banyaknya tempat wisata, negara ini memiliki sajian kuliner yang wajib anda coba. Tentu saja semuanya memiliki cita rasa otentik, kental akan berbagai macam olahan Asia seperti China, India, dan Melayu.

Tidak ada salahnya anda menengok ke sisi lain dimana biasanya Singapura populer akan teknologi yang maju menjadi sebuah pusat kota tua yang unik. Anda dapat merencanakan wisata kuliner sebagai agenda liburan tidak biasa. Melihat setiap sudut kota bekas jajahan Inggris ini untuk menyegarkan pikiran dan jiwa dengan menyantap makanan khas yang lezat. Berikut ini kami berikan list 10 makanan khas dari Negara Singapura yang membuat anda jatuh cinta.

1. Lezatnya Tahu Isi Ikan, Yong Tau Foo

makanan khas Singapura: Yong Tau Foo
Photo by @jimmyhweebeng

Yong Tau Foo dikenal dengan pelafalan Yong Tau Fu merupakan makanan khas Singapura berbahan dasar tahu dengan isian adonan daging babi atau ikan cincang. Makanan lezat ini biasa disajikan dengan berbagai macam sayuran, jamu dan kuah kaldu yang gurih. Yong Tau Foo juga memiliki versi goreng seperti pangsit goreng atau cakue yang biasa anda temui di Indonesia.

Tapi makanan ini paling enak jika disantap bersama dengan saus kecap asin dengan tekstur khas tahu kering. Sebenarnya Yong Tau Foo berasal dari Hakka salah satu kelompok yang disebut Tionghoa Han, penduduk terbesar di Tiongkok. Anda dapat dengan mudah menemukan Yong Tau Foo, khususnya kawasan mall Singapura yang juga banyak menyediakan menu makanan ini.

Rekomendasi tempat makan Yong Tau Foo:

Xi Xiang Feng Yong Tau Foo

#01-23, 724 Ang Mo Kio Ave 6, Singapore 

2. Lepaskan Stress Dengan Menyantap Kuliner Pedas Chili Crab

makanan khas Singapura: Chili Crab
Photo by @communekitchensg

Makanan khas Singapura yang kedua ini tidak jauh dari Universal Studios Singapore. Chili Crab berbahan dasar kepiting soka atau kepiting lumpur yang diolah dengan saus pedas ala Negeri Merlion. Saus Chili Crab cenderung lebih kental dengan perpaduan cita rasa cuka beras, bawang putih, dan salut telur tipis yang semakin menambah masakan ini terasa istimewa.

Tenang, bagi anda yang tidak begitu kuat dengan jenis makanan pedas, Chili Crab masih dapat dinikmati. Karena tingkat kepedasan hidangan ini tidak sampai menyengat lidah. Bagaimana? tertarik untuk mencicipi? Anda dapat mengunjungi beberapa tempat makan di daerah Geylang. Awas! Ketagihan dengan rasa nikmat kepiting berbumbu merah menyala.

Rekomendasi tempat makan Chili Crab:

Singapore Seafood Republic

26 Sentosa Gateway, #01-292 Waterfront, Resorts World Sentosa

3. Lembutnya Bubur Kodok Yang Meleleh Di Mulut

makanan khas Singapura: Frog Porridge
Photo by @jonnyboyeats

Frog Porridge atau Bubur Kodok mungkin terdengar asing dan cukup unik bagi sebagian besar wisatawan. Seperti namanya, makanan ini diolah dari kaki kodok yang direbus dengan minyak wijen dan kari ayam. Sedangkan untuk buburnya sendiri dicampur dengan Chinese cooking wine, setelah bubur selesai dibuat kaki kodok kemudian digoreng untuk dijadikan toping utama Frog Porridge. Bubur ini disajikan panas dalam hot pot karena memang sering disantap sebagai menu makan malam saat cuaca dingin.

Rekomendasi tempat makan Frog Porridge:

Eminent Frog Porridge &; Seafood

323 Geylang Rd, Singapore 389359 (lihat peta)

4. Manisnya Fried Carrot Cake Buat Ketagihan

makanan khas Singapura: Fried Carrot Cake
Photo by @lovezhenia

Fried Carrot Cake atau Chai Tow Kway merupakan makanan khas Singapura yang cocok sebagai kudapan saat bersantai. Meskipun namanya Fried Carrot Cake, makanan ini tidak menggunakan bahan dasar wortel, melainkan tepung beras dan lobak kukus yang digoreng seperti omelet dengan campuran daun bawang dan telur. Anda bisa memilih dua jenis dari kudapan ini di antaranya ada black fried carrot cake dan white fried carrot cake. Perbedaan dari kedua kue tersebut hanya terdapat pada warna, dimana black fried carrot cake menggunakan kecap manis. Jika ingin membeli kue unik ini anda bisa mengunjungi Hawker Food Central yang berjarak sekitar 15 menit dari ArtScience Museum.

Rekomendasi tempat makan Frieded Carrot Cake:

Song Zhou Luo Bo Gao

#01-18, Bedok Interchange Food Centre, 207 New Upper Changi Road, Singapore 460207

5. Hangatkan Badan Dengan Semangkuk Fish Soup

makanan khas Singapura: Fish Soup
Photo by @cweizhi

Tahukah anda jika Fish soup konon berasal dari resep suku Teochew, salah satu kelompok Tionghoa yang merantau ke berbagai daerah jauh dari Tiongkok. Sup ini biasanya menggunakan ikan anchovy atau bilis yang dimasak dengan sayuran, bihun dan udang. Ada beberapa tempat yang menyajikan sup ikan dengan tambahan susu, dimana menghasilkan kaldu berwarna putih seperti white curry.

Rekomendasi tempat makan Frog Porridge:

Fish Soup di Maxwell Food Centre

1 Kadayanallur St, Singapore 069184 (lihat peta)

6. Cicipi Gurih Dan Segarnya Hidangan Kaum Peranakan Singapura

makanan khas Singapura: Laksa seafood Singapore
Photo by @sheilarusly_jspictures

Laksa Singapore termasuk salah satu makanan khas Singapura yang menjadi favorit wisatawan lokal hingga internasional. Hidangan yang muncul dari etnis Chinese ini berisikan perkedel ikan, mie, tauge, udang, dan kerang dengan tambahan kuah santan pedas. Kepopuleran Kari Laksa sudah tidak diragukan, dimana anda bisa menemukan banyak tempat makan yang khusus menjual olahan Laksa bervariasi.

Rekomendasi tempat makan Laksa Singapore:

Laksa Katong 328, Singapore

53 E Coast Rd, Singapore 428771

7. Uji Ketajaman Lidah Dengan Hokkien Prawn Mee

makanan khas Singapura: Hokkien Prawn Mee
Photo by @seleramakan

Kuliner di Singapura banyak dipengaruhi oleh hidangan Tiongkok termasuk Hokkien Prawn Mee yang diciptakan para pelaut Hokkian pada masa setelah perang. Tidak heran jika mie menjadi bahan utama setiap makanan khas Singapura. Hokkien Prawn Mee disajikan yang dengan mie kuning dan bihun dengan isian tambahan seperti udang, bawang putih, kecap asin, telur, cumi dan taoge.

Makanan yang satu ini juga dilengkapi dengan kuah kaldu dari seafood dan direbus beberapa saat hingga agak kering. Apabila anda menyukai rasa asam dan pedas dapat menambahkan sambal dan jeruk limau yang akan semakin memperkaya cita rasa.

Rekomendasi tempat makan Hokkien Prawn Mee:

Kims Fried Hokkien Prawn Mee

62B Jln Eunos, Singapore 419510

8. Bak Kut Teh Diperuntukan Khusus Bagi Pencinta Daging

makanan khas Singapura: Bak Kut Teh
Photo by @eatwhattonight

Jika anda menginginkan makanan enak dan sehat sudah seharusnya mencicipi Bak Kut Teh, iga daging babi yang dimasak dengan rempah-rempah dan kaldu bumbu. Anda bisa merasakan kekayaan rempah-rempah dalam semangkuk Bak Kut Teh seperti cengkeh, kayu manis, dan ketumbar. Makanan berat ini biasanya disantap dengan kembang tahu dan sayur asin bahkan nasi dan juga mie, cocok sebagai teman makan Bak Kut Teh

Rekomendasi tempat makan Bak Kut Teh:

Song Fa Bak Kut Teh

11 New Bridge Road, #01-01, Singapore 059383

9. Ice Kachang Cocok Sebagai Kudapan Siang Di Singapura

makanan khas Singapura: Ice Kachang
Photo by @r4kuen

Tidak hanya di Korea yang terkenal dengan es serut “Bingsoo”, Singapura juga memiliki menu kudapan andalan bernama Ice Kachang. Bedanya es serut negara Merlion dipadatkan seperti bola, di hiasi dengan sirup dengan topping kacang merah, jeli, kolang-kaling, jagung manis, dan es krim. Mungkin lebih mirip seperti es Shanghai, tapi apapun itu ice kachang mampu menarik minat wisatawan dengan rasa manis dan segarnya. Anda juga dapat merasakan kudapan menyegarkan ini di kawasan Chinatown, pilihlah menu sesuai variasi dengan sirup berwarna-warni.

Rekomendasi tempat makan Ice Kachang:

Ice Kachang at Jin Jin Hot/Cold Dessert

ABC Brickworks Food Centre – 6 Jalan Bukit Merah, Singapore

10. Perkaya Cita Rasa Dengan Makanan Bollywood Kari Kepala Ikan

makanan khas Singapura: Fish Head Curry
Photo by @makanwarrior

Kuliner Singapura yang terakhir ini cukup istimewa, setelah tadi dimanjakan dengan menu kuliner dari Tiongkok sekarang anda dapat mencicipi Fish Head Curry. Hidangan lezat yang berasal dari etnis India, yaitu berupa kepala kakap merah kukus yang disajikan dengan sayuran dan kari pedas. Cita rasa yang cenderung pedas dan asam sangat cocok disantap bersama nasi atau roti mantao.

Rekomendasi tempat makan Kari Kepala Ikan:

Samys Curry Restaurant

25 Dempsey Road, Singapore 249670

Author

Write A Comment