Categories: Malaysia

Jalan Jalan Lebih Nyaman Karena Malaysia Visa Sudah di Tangan

Photo by @sabarinahidayat

Hai sobat BefreeTour, liburan sebentar lagi nih, sudah merencanakan liburan belum? Liburan dalam negeri atau luar negeri? Dua dua nya sih oke. Jika tujuan mu ke luar negeri Anda tidak hanya butuh biaya ataupun daftar destinasi liburan saja. Hal yang sangat penting untuk disiapkan adalah dokumen seperti passport dan visa.

Jika kalian memilih Malaysia sebagai Negara yang akan kalian kunjungi, tenang Anda tidak perlu menggunakan Malaysia visa. Ke Negara tetangga seperti Negeri Gajah Putih juga sama jadi anda tidak harus repot membuat Thailand Visa. Tapi jika Anda ingin mengunjungi Negara Asia Tengah maka membutuhkan seperti Visa Korea Selatan dan Visa Jepang.

Apa sih definisi dari visa dan jenis visa? Tips membuat visa? Cara membuat visa? dan Negara yang tidak perlu visa? Jangan khawatir disini akan kami jelaskan mengenai keluh kesahmu dalam pembuatan visa dan tentunya akan memudahkan mu dalam rencana berlibur ke luar negeri.

Apa itu Definisi Visa?

Sumber : Pexels

Visa merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan dari Negara destinasi liburan kalian yang isinya berupa izin untuk bisa memasuki salah satu Negara tujuan. Jika Anda sudah mendapatkan visa artinya Anda dapat masuk ke Negara tersebut secara legal dalam jangka waktu tertentu. Ada beberapa jenis visa yang perlu kamu tahu, pastinya tergantung dengan kebutuhan kalian sobat BefreeTour. Yuk mari kita simak apa saja jenis dari visa:

  1. Visa on Arrival (VoA)

Visa ini bisa Anda dapatkan ketika telah sampai perbatasan ataupun bandara dari suatau Negara tujuan. Beberapa Negara tetap mengharuskan untuk seseorang mengurus VoA ini. Syarat utama yang harus Anda persiapkan adalah menunjukkan identitas diri berupa passport. Pastikan sebelum berkunjung Anda harus mengetahui sistem pemberia visa yang berlaku di Negara tersebut.

Selain itu dalam pengajuan, segala biaya, batas waktu kunjungan dan persyaratan untuk pengajuan visa sendiri berbeda beda bergantung pada kebijakan dari masing-masing Negara. Misalkan anda ingin menjelajah tempat wisata Malaysia maka bisa menggunakan visa yang satu ini.

  1. Visa Pre Arrival

Berbeda dengan VoA, visa ini dapat Anda dapatkan ketika sebelum berangkat ke destinasi tujuan. Anda dapat mendapatkan di kedutaan ataupun konsulat Negara tujuan yang ada di Indonesia seperti di Jakarta atau Surabaya. Visa ini Anda dapat mengurus secara online, tentunya sangat memudahkan bukan? Anda dapat mempersiapkan segala syarat dan ketentuan bergantung kebijakan masing masing Negara. Jadi tidak perlu khawatir bila sudah memiliki visa dan merencanakn liburan ke Negeri Jiran.

Tips aman membuat Visa

Sumber: Pexels

Baik mengunjungi destinasi berbayar atau tempat wisata gratis di Malaysia pastikan Anda telah mempunyai passport sebagai syarat utama dan tentunya masih berlaku. Ketika Anda ingin membuat visa pastikan sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat mebuat visa dari jauh jauh hari jika Anda memerlukan visa Pre Arrival.

Cara Mudah Membuat Visa

Sumber: Pexels
  1. Isi Formulir Online

Passport Anda masih aman kan? Hal yang Anda lakukan selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran. Anda dapat melakukan pengajuan secara online. Formulir dapat Anda peroleh dari masing masing situs kedutaan Negara.  Isilah dengan cermat dan teliti dan pastikan semua data yang Anda masukkan sudah benar.

  1. Bukti Pembayaran Visa

Tahap selanjutnya adalah Anda harus membayar biaya pembuatan visa terlebih dahulu. Besarnya biaya pembuatan bergantung pada Negara tujuan. Setelah melakukan pembayaran jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran visa tersebut dan melampirkan pada saat melakukan permohonan pengajuan visa.

  1. Pas Foto

Melampirkan Pas foto sangat diperlukan agar identitas mu dapat dikenali dengan baik dan petugas dapat menyesuaikan data yang ada. Pastikan foto yang anda gunakan merupakan foto terbaru dan jelas, dan tenang untuk para wanita yang menggunakan hijab, Anda tetap diperbolehkan menggunakan hijab tetapi harus memperlihatkan keseluruhan muka secara jelas. Pas foto juga di butuhkan agar menghindari kesalahan dalam pengenalan identitas.

  1. Bukti Keuangan Anda

Mengapa harus menggunakan bukti keuangan? Yah, hal ini sangat penting dilakukan karena untuk meyakinkan agar Negara dapat menjaga dan menjamin Anda selama berada di Negara lain. Selain itu bukti keuangan juga digunakan untuk bukti bahwa Anda dapat hidup dengan baik dan berkecukupan selama berlibur di Negara lain. Tenang, Anda tidak perlu khawatir mengenai jumlah nya isi tabungan, karena yang terpenting adalah sekiranya bisa dapat digunakan untuk bertahan hidup.

  1. Surat Keterangan Kunjungan

Persyaratan pembuatan visa yang terakhir yaitu surat keterangan kunjungan yang isinya menjelaskan tujuan Anda pergi ke Negara tersebut. Entah liburan sebagai backpacker ke Malaysia atau traveler elite, tujuan yang akan Anda lakukan harus jelas, agar pembuatannya pun cepat. Nah ini merupakan beberapa syarat yang harus Anda lengkapi dalam pembuatan visa. Mudah bukan?

Negara yang Tidak Perlu Visa maupun VoA

  1. Negara di daerah Asia : Brunei, Kamboja, Hong Kong, Laos, Macau, Malaysia, Vietnam, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand Timor Leste, Palestina, dan Uzbekistan.
  2. Negara di daerah Eropa seperti Belarus, Serbia dan Ukraina
  3. Negara di daerah Afrika seperti Gambia, Maroko, Namibia dan Rwanda
  4. Negara di daerah Oseania seperti Cook Island, Fiji, Micronesia dan Niue
  5. Negara di daerah Carribean seperti Dominica, Haiti dan St. Vincent and the Grenadines
  6. Negara di daerah Amerika seperti Bermuda, Chile, Colombia, Ekuador dan Guyana.
photo by l@egolandmalaysia

Sudah semakin yakin dengan rencana tujuan mu ? Tentu saja, apalagi kamu sudah dapat membuat visa Malaysia dengan mudah. Anda dapat mewujudkan semua keinginan mu untuk berlibur ke Negeri Jiran sekarang juga. Di BefreeTour Anda dapat menemukan tiket wisata sesuai keinginanmu. Anda dapat mengunjungi wisata terkenal di Malaysia seperti Legoland Malaysia, Aquaria KLCC, KL Tower, menara Petronas dan masih banyak lagi. Tentunya dengan harga sangat terjangkau.

befree

Recent Posts

7 Tempat Wisata Kuala Lumpur Yang Harus Ada di Bucket Listmu

Tiket pesawat domestik mahal? Jangan khawatir, Ada banyak sekali tempat wisata Kuala Lumpur yang bisa kamu jelajahi dengan mudah dan…

5 tahun ago

10 Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Saat Jalan Jalan ke Malaysia

Jalan jalan ke Malaysia akan terasa menyenangkan apabila mengajak  pasangan dan merencanakan agenda liburan dari 10 tempat wisata ini. Sudah…

5 tahun ago

Mengenali Sungai – Sungai di Malaysia yang Fenomenal

Ingin mengenali macam-macam sungai di Malaysia yang fenomenal? Mari kita simak artikel berikut yang akan membawa Anda untuk mengupas lebih jauh.…

5 tahun ago

Ingin Liburan Aman dan Nyaman? Ikuti Tips Traveling ala Backpacker ke Malaysia

Sebagian besar wisatawan Asia mungkin lebih sering berlibur di Kota Singa, namun tidak ada salahnya untuk mencoba traveling ala backpacker…

5 tahun ago

7 Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

Jalan-jalan ke Malysia pastinya akan lebih sempurna jika anda mencicipi berbagai makanan khas malaysia yang menggugah selera. Malaysia negara paling…

5 tahun ago

Berlibur ke Negeri Seribu Pagoda Tanpa Thailand Visa

Punya rencana berlibur ke luar negeri? Tanpa Thailand Visa, anda bisa dengan mudah menjelajahi keindahan negeri yang terkenal dengan seribu…

5 tahun ago