Categories: Malaysia

Ingin Liburan Aman dan Nyaman? Ikuti Tips Traveling ala Backpacker ke Malaysia

Sebagian besar wisatawan Asia mungkin lebih sering berlibur di Kota Singa, namun tidak ada salahnya untuk mencoba traveling ala backpacker ke Malaysia. Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa harus ke Malaysia? Selain lokasinya yang terletak cukup dekat dari Singapura, Malaysia juga menjadi salah satu negara yang ramah dan aman untuk solo backpacker.

Bahkan jika anda berangkat dari Jakarta juga tidak membutuhkan perjalanan lama hanya sekitar 1 jam 50 menit. Lebih dekat lagi jika dari Batam dengan melalui jalur laut seperti menggunakan transportasi kapal yang hanya memakan waktu 1 jam saja. Tetapi sebelum menyiapkan jadwal keberangkatan, simaklah beberapa tips backpacker di Negeri Jiran yang dapat berguna untuk perjalanan liburan anda selama beberapa hari.

1. Pastikan Masa Berlaku Paspor Aman

Photo by @decloverart

Paspor bisa dibilang sebagai kunci untuk dapat menapakkan kaki di negeri orang, tetapi masih banyak traveller yang menyepelekan mengenai masa berlaku dokumen ini. Alangkah lebih baik anda melakukan cek paspor terlebih dahulu dan memastikan masa berlakunya lebih dari enam bulan sebelum keberangkatan. Bagaimana jika masa berlakunya dibawah enam bulan? Tentu saja anda harus melakukan perpanjangan masa aktif paspor di kantor Imigrasi.

Masa berlaku paspor maksimal adalah 5 tahun, untuk perpanjangan bisa dilakukan 6 bulan sebelum masa aktif paspor berakhir. Tidak perlu repot mengunjungi kantor Imigrasi di daerah tempat tinggal anda, karena kini tersedia layanan perpanjangan paspor online yang sangat efektif bagi konsumen. Jika tidak ingin liburan anda tertahan di bandara atau kena deportasi di negara tujuan lebih baik cek paspor anda sekarang. Anda hanya cukup membuka website resmi kantor Imigrasi tanpa harus mengantri, mudah bukan?

2. Dapatkan Tiket Pesawat Pulang-Pergi Harga Promo

Photo by @keroppi_hong

Urusan paspor sudah aman? Maka untuk tips backpacker ke Malaysia berikutnya adalah berburu tiket untuk perjalanan via udara menuju Bandara Malaysia. Untuk liburan lebih efektif dan meringankan pengeluaran ada baiknya memesan tiket perjalanan pulang-pergi sekaligus. Mendapatkan tiket murah atau harga promo tergantung dari waktu pemesanan dan usaha anda. Carilah tiket pesawat melalui online, jangan hanya terpaku pada satu maskapai.

Anda dapat membandingkan harga dari satu dengan yang lain, karena tidak jarang harga tiket kadang lebih murah di beberapa maskapai. Biasanya untuk maskapai lokal memberikan harga relatif lebih murah berkisar ratusan ribu hingga 1 juta. Apapun yang anda pilih sesuaikan dengan anggaran agar tidak membengkak hanya untuk akomodasi saja.

3. Pilih Penginapan Dengan Harga Bersahabat

Photo by @hotelpalomainn

Urutan tips backpacker ke Malaysia ketiga ini mungkin banyak menguras saku anda. Tapi tenang untuk meminimalisir pengeluaran, anda bisa memiliih penginapan murah dan nyaman. Mulai dari hostel, guest house, hingga dormitory dapat menjadi pilihan terbaik selama di Malaysia. Dari ketiga tempat tersebut kami merekomendasikan dormitory, karena selain terjangkau anda bisa menikmati waktu istirahat dengan aman dan nyaman.

Hanya dengan membayar kurang dari Rp200.000 anda sudah dapat menginap di dormitory tengah kota yang memiliki fasilitas cukup lengkap, seperti loker, kamar mandi dan breakfast. Tapi ingat! Pesanlah jauh hari sebelum keberangkatan ya? Bila perlu dalam hitungan bulan atau minggu, siapa tahu anda bisa mendapat harga diskon.

4. Cari Referensi Tempat Wisata Populer

Photo by @tropicexplorers

Setelah akomodasi sudah clear kini waktunya anda mencari referensi tempat wisata populer di ibukota.  Pisahkan dari list tempat terdekat seperti mengunjungi Wisata Warisan Dan Budaya Kuala Lumpur, tiket masuk murah hingga gratis. Anda dapat melihat melalui review atau cerita pribadi dari wisatawan lain melalui blog, media sosial dan forum online.

Cara ini dianggap cukup efektif karena backpacker dapat dengan mudah menentukan tujuan wisata terbaik untuk dikunjungi. Sesuaikan list liburan anda sesuai dengan budget dan waktu, berapa lama anda akan menjadi seorang penjelajah solo di Negeri Jiran.

5. Gunakan Moda Transportasi Umum

Photo by @vijaypushkin

Terdapat banyak pilihan untuk menjelajah kota ala backpacker ke Malaysia, berkeliling kota selama beberapa hari akan lebih hemat dengan menggunakan sarana transportasi umum. Negara tetangga ini memiliki banyak transportasi umum yang aman untuk anda gunakan. Baik naik bus, LRT atau MRT menawarkan kenyamanan berkendara dengan harga sangat terjangkau. Anda hanya harus merogoh kocek sekitar 1 sampai 6 RM atau setara dengan Rp3.000-Rp18.000 tergantung dari jarak tempuh perjalanan.

6. Jangan Lupa Pelajari Peta Terlebih Dahulu

Photo by @thedoodlingme

Baik liburan di luar negeri atau dimana saja, anda wajib menggunakan tips keenam ini sebagai cara menghindari kebingungan saat melakukan perjalanan wisata. Cukup pelajari peta tujuan anda yang dapat berguna untuk menetukan rute paling efisien dan transportasi di Kuala Lumpur yang sekiranya bisa dinaiki. Peta juga dapat membuat anda aman dari aksi penipun atau hal yang merugikan selama jalan-jalan di kota asing. Jadi dimanapun tetap tenang, jaga diri anda dari target kejahatan, usahakan jangan menunjukkan gelagat bingung.

7. Enggan Jajan? Bawa Saja Makanan Instan

Photo by @i_am_k0uhei

Jika liburan lebih dari 3 hari maka hemat pengeluaran makan diluar dengan membawa makanan instan seperti mie, bubur atau sereal. Anda dapat membawa jenis makanan instan dari Indonesia atau bahkan memboyong rice cooker untuk membuat nasi di penginapan. Memang cukup merepotkan tapi cara ini dapat menghemat saku anda, tetap pada pendirian low cost high fun untuk liburan ala backpacker ke Malaysia.

8. Beli Oleh-Oleh Grosiran Sebagai Kenangan Plesiran

Photo by @jaslipska

Jangan salah di Kuala Lumpur banyak tersedia lapak grosiran seperti di Jakarta, anda bisa mengunjungi kawasan Chinatown yang menjual barang-barang unik dan murah. Pintar tawar-menawar? Gunakan keahlian anda untuk mendapatkan segala jenis barang menarik dengan potongan harga yang lumayan menghemat kantong. Selain di Petaling Street anda juga wajib mengunjungi Central Market untuk membeli buah tangan seperti cokelat, tas hingga gantungan kunci khas Malaysia.

9. Tentukan Tempat Makan Harga Murah

Photo by @tajima.co_n9

Tidak seperti di negara kita yang menjajakan makanan pinggir jalan dengan harga cukup murah. Berbeda dengan Malaysia, tidak semua kuliner pinggiran dijual dengan harga ramah dikantong. Tipsnya adalah jika berada di kawasan Menara Petronas cobalah mencari makanan food truck, mereka biasa menawarkan paket makanan dengan harga 8 RM atau sekitar Rp24.000. Bahkan di foodcourt Central Market dan pasar malam sekitar Bukit Bintang banyak tersedia makanan dibawah 10 RM.

10. Jangan Pulang Sebelum Mampir Ke Langkawi Island

Photo by @anna_vashcheeenko

Puas mengunjungi objek wisata populer seperti Genting Highland, Menara Petronas, Batu Caves, Jembatan Putra Jaya, dan Melaka Wonderland, sempatkanlah untuk berlayar mini ke Langkawi Island. Pulau yang terletak di negara Kedah Darul Aman ini patut menjadi tujuan terakhir backpacker ke Malaysia. Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan laut biru kehijauan, begitu memasuki wilayah pulau lebih dalam anda akan dimanjakan dengan pesona alam berupa bukit berbalut hutan.

Recent Posts

7 Tempat Wisata Kuala Lumpur Yang Harus Ada di Bucket Listmu

Tiket pesawat domestik mahal? Jangan khawatir, Ada banyak sekali tempat wisata Kuala Lumpur yang bisa kamu jelajahi dengan mudah dan…

1 tahun ago

10 Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Saat Jalan Jalan ke Malaysia

Jalan jalan ke Malaysia akan terasa menyenangkan apabila mengajak  pasangan dan merencanakan agenda liburan dari 10 tempat wisata ini. Sudah…

1 tahun ago

Mengenali Sungai – Sungai di Malaysia yang Fenomenal

Ingin mengenali macam-macam sungai di Malaysia yang fenomenal? Mari kita simak artikel berikut yang akan membawa Anda untuk mengupas lebih jauh.…

1 tahun ago

Jalan Jalan Lebih Nyaman Karena Malaysia Visa Sudah di Tangan

Hai sobat BefreeTour, liburan sebentar lagi nih, sudah merencanakan liburan belum? Liburan dalam negeri atau luar negeri? Dua dua nya…

1 tahun ago

7 Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

Jalan-jalan ke Malysia pastinya akan lebih sempurna jika anda mencicipi berbagai makanan khas malaysia yang menggugah selera. Malaysia negara paling…

1 tahun ago

Berlibur ke Negeri Seribu Pagoda Tanpa Thailand Visa

Punya rencana berlibur ke luar negeri? Tanpa Thailand Visa, anda bisa dengan mudah menjelajahi keindahan negeri yang terkenal dengan seribu…

1 tahun ago