Categories: Malaysia

Mengenali Sungai – Sungai di Malaysia yang Fenomenal

Ingin mengenali macam-macam sungai di Malaysia yang fenomenal? Mari kita simak artikel berikut yang akan membawa Anda untuk mengupas lebih jauh. Malaysia adalah negara dibagi oleh laut – Laut Cina Selatan, tepatnya bagian baratnya, bagian benua berbagi semenanjung dengan Thailand dan Kamboja, sementara bagian timurnya berbagi pulau dengan negara bagian Kalimantan, Indonesia dan Kesultanan Brunei.

Geografi unik dari negara Malaysia ini memunculkan beberapa sungai penting dan begitu fenomenal. Berikut akan disampaikan macam – macam sungai di Malaysia yang nantinya bisa Anda kunjungi ketika sedang liburan ke Malaysia dan terdapat wisata apa sajakah di sekitarnya.

1. Sungai Rajang

Photo by @kamaljukeekmz

Pada 350 mil, Sungai Rajang adalah yang salah satu sungai di Malaysia yang terpanjang. Terletak di Malaysia Timur di Pulau Kalimantan, Rajang naik di Pegunungan Iran dan mengalir barat-barat daya ke muara di Laut Cina Selatan. nak sungai penting dari sungai Rajang ini adalah Sungai Balui, Sungai Katibas, Sungai Ngemah, Sungai Iran, Sungai Pila, Sungai Balleh, Sunagi Bangkit, dan Sungai Kanowit

Deltanya luas dan sebagian besar ditandai oleh rawa-rawa dan lahan basah, menjadikan sungai Rajang sebagai moda transportasi terpenting di wilayah itu. Kapal oseango dapat melakukan perjalanan sejauh 80 mil ke atas sungai ke Pulau Sibu, di pulau Sibu juga terdapat Sibu Central Market yang cukup terkenal berlokasi di Jalan Channel, Pekan Sibu, 96000 Sibu, Sarawak, Malaysia. Disini Anda bisa berbelanja oleh-oleh untuk keluarga tersyanag di rumah. Sementara kapal yang lebih kecil dapat menavigasi 100 mil lagi dari Rajang.

Selain Sibu Centra Market, terdapat juga destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi ketika sedang di area sungai Rajang, yakni ada taman yang bertemakan dengan patung-patung cantik, Lin’s Swan Garden yang terletak di Lebuh Tanah Mas, Pekan Sibu, Sarawak. Ada pula tempat pertemuan yang terkenal di Sarawak yakni Kuching Waterfront yang berlokasi di 37, Jalan Main Bazaar, 93000 Kuching, Sarawak, Malaysia. Di tempat ini Anda bisa menikmati pemandangan-pemandangan indah dan bisa berkunjung ke Museum Sejarah Cina, Teater Luar Angkasa, dan Menara Square. Selain tiga wisata diatas, masih banyak lagi destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi ketika sedang berada di Sungai Rajang.

2. Sungai Maliau

Photo by @cloveryte

Mengeringkan cekungan yang terkenal dengan flora dan fauna langka, Sungai Maliau adalah salah satu permata alami dari macam – macam sungai di Malaysia. Terletak di Pulau Kalimantan, Cekungan Maliau disebut Sabah “Dunia Yang Hilang” karena keanekaragaman hayatinya yang kuat. Merupakan rumah bagi hampir seperempat air terjun di negara ini, termasuk tujuh keajaiban dunia, Air Terjun Maliau, Cekungan Maliau mendukung lebih dari 80 spesies anggrek serta populasi orangutan dan badak sumatera yang hampir terancam punah. Hanya seperempat wilayah telah dieksplorasi dan seluruh cekungan telah diusulkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Sungai Maliau merupakan Kawasan Konservasi Cekungan Maliau atau biasa di singkat dengan MBCA (Maliau Basin Conservation Area) yang memiliki luas 58,840 ha, juga dikenal sebagai Sabah’s Lost World yang digambarkan sebagai salah satu dari beberapa daerah hutan belantara yang relatif tak tersentuh oleh tangan umat manusia di dunia.

Dibatasi oleh tebing curam yang mencapai lebih dari 1.675 m di atas permukaan laut, Cekungan yang hampir bundar, salah satu daerah hutan belantara terbaik yang tersisa di Malaysia, meliputi 390 km² hutan asli, ekosistem yang hampir mandiri, tidak pernah dihuni secara permanen dan dengan area yang luas masih tersisa untuk dieksplorasi dan didokumentasikan.

Menyadari keunikan Sungai Maliau tersebut, pada tahun 1981 Yayasan Sabah secara sukarela menetapkan Cekungan Maliau sebagai Kawasan Konservasi, untuk tujuan penelitian, pendidikan dan pelatihan, bersama dengan Danum Valley Conservation Area untuk lebih jauh.

Pada tahun 1997, Kawasan Konservasi Cekungan Maliau ditingkatkan oleh pemerintah negara bagian Sabah menjadi Cagar Hutan Lindung Kelas 1, memberikan status hukum sebagai kawasan lindung, dan diperluas ke ukuran saat ini yaitu 588,4 km² dengan menggabungkan lahan berhutan di sebelah timur dan utara Basin. Zona penyangga yang mengelilingi seluruh Area Konservasi juga menambah perlindungannya.

Photo by @stickyricetravel

Pemerintah Negara Bagian Sabah telah menyetujui pencalonan Situs Warisan Dunia (WHS) Cekungan Maliau bersama dengan Danum Valley dan Imbak Canyon sebagai situs warisan tunggal yang akan disebut DaMaI, singkatan dari Danum Valley, Cekungan Maliau dan Imbak Canyon. Dengan ini Sungai Maliau merupakan salah satu sungai di Malaysia yang dijadikan konservasi.

Di MBCA (Maliau Basin Conservation Area), Anda juga bisa sambil berwisata dengan disuguhkan aneka ragam flora dan fauna yang cantik, air terjun yang indah menawan, dan Danau Linumunsut yang mempesona.

3. Sungai Pahang

Photo by @abdul.hafiz.mohamed

Sungai Pahang sepanjang 275 mil adalah yang sungai di Malaysia yang terpanjang khususnya di Semenanjung Malaysia. Sungai yang terbentuk oleh pertemuan Sungai Jelai dan Tembeling di dekat kota Jerantut dan bermuara di Laut Cina Selatan di Pekan. Melebar dan melambat setelah meninggalkan Rentang Utama Malaysia, delta Pahang memunculkan dataran aluvial yang lebarnya lebih dari 20 mil. Wilayah di sepanjang Pahang bergantung pada sungai sebagai bentuk transportasi utamanya.

Dari lereng atas Pegunungan Titiwangsa di Cameron Highlands, sungai Jelai mengalir ke arah tenggara, melewati Padang Tengku dan Kuala Lipis sebelum bergabung dengan sungai Tembeling. Sungai Tembeling yang dimulai di perbatasan negara bagian Pahang dan Terengganu di Ulu Tembeling, mengalir ke arah barat daya melewati Kuala Tahan. Sungai Pahang mengalir ke arah selatan melewati Jerantut Feri, Kuala Krau, Kerdau dan Temerloh. Di Mengkarak, sungai berbelok ke timur laut, melewati Chenor dan kemudian berbelok ke timur di Lubuk Paku dan Lepar ke dataran banjir Paloh Hinai, Pekan dan Kuala Pahang sebelum mengalir ke Laut Cina Selatan.

Dari sumber ke muara sungai, DAS Pahang meliputi hampir semua distrik di Pahang, termasuk Dataran Tinggi Cameron, Lipis, Jerantut, Temerloh, Bera, Maran dan Pekan. Sungai Lipis, anak sungai dari Sungai Jelai, dimulai di perbatasan negara bagian Pahang dan Perak di Ulu Sungai, distrik Raub dan berakhir pada pertemuan Sungai Jelai dan Sungai Lipis di Kuala Lipis. Sungai Semantan, anak sungai dari Sungai Pahang dimulai di kabupaten Bentong dan berakhir di pertemuan Sungai Pahang dan Sungai Semantan di Kuala Semantan.

Sungai Triang dan Sungai Bera, anak-anak sungai Pahang dimulai di distrik Jelebu dan Jempol di negara bagian Sembilan sementara Sungai Lepar, anak sungai lain dari Sungai Pahang, melewati kabupaten Kuantan di timur sebelum berakhir di pertemuan Sungai Pahang dan Sungai Lepar di Paloh Hinai. Satu-satunya kabupaten di Pahang yang tidak memiliki anak sungai dari Sungai Pahang atau Sungai Pahang yang mengalir melaluinya adalah Rompin. Di dekat Sungai Pahang terdapat destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi yakni ada Sultan Haji Ahmad Shah Agricultural Park, Sungai Pandan Waterfall, Taman Negara, dan masih banyak lagi tentunya. Objek wisata tersebut tidak kalah menarik dari Dataran Merdeka atau Menara Kembar Petronas yang sudah umum dimata wisatawan.

befree

Recent Posts

7 Tempat Wisata Kuala Lumpur Yang Harus Ada di Bucket Listmu

Tiket pesawat domestik mahal? Jangan khawatir, Ada banyak sekali tempat wisata Kuala Lumpur yang bisa kamu jelajahi dengan mudah dan…

1 tahun ago

10 Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Saat Jalan Jalan ke Malaysia

Jalan jalan ke Malaysia akan terasa menyenangkan apabila mengajak  pasangan dan merencanakan agenda liburan dari 10 tempat wisata ini. Sudah…

1 tahun ago

Ingin Liburan Aman dan Nyaman? Ikuti Tips Traveling ala Backpacker ke Malaysia

Sebagian besar wisatawan Asia mungkin lebih sering berlibur di Kota Singa, namun tidak ada salahnya untuk mencoba traveling ala backpacker…

1 tahun ago

Jalan Jalan Lebih Nyaman Karena Malaysia Visa Sudah di Tangan

Hai sobat BefreeTour, liburan sebentar lagi nih, sudah merencanakan liburan belum? Liburan dalam negeri atau luar negeri? Dua dua nya…

1 tahun ago

7 Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

Jalan-jalan ke Malysia pastinya akan lebih sempurna jika anda mencicipi berbagai makanan khas malaysia yang menggugah selera. Malaysia negara paling…

1 tahun ago

Berlibur ke Negeri Seribu Pagoda Tanpa Thailand Visa

Punya rencana berlibur ke luar negeri? Tanpa Thailand Visa, anda bisa dengan mudah menjelajahi keindahan negeri yang terkenal dengan seribu…

1 tahun ago