Categories: Singapura

10 Trik Liburan Hemat Ala Backpacker Ke Singapura

Siapa yang tidak kenal Singapura? Negara bersimbol kepala singa ini dapat anda jadikan sebagai tempat liburan ekonomis ala backpacker ke Singapura. Seperti yang diketahui Negara Singa adalah salah satu tujuan favorit wisatawan dunia terutama mereka yang dari negara tetangga seperti Malaysia dan Indonesia. Sebagai negara maju dan bersih Singapura cocok menjadi pilihan liburan anda bersama keluarga, teman atau pasangan.

Tapi tahukah anda? Meskipun biaya hidup di negara ini tergolong mahal lantas tidak menjadikan halangan bagi backpacker untuk menjelajah setiap sudut kota. Mungkin bagi para traveler newbie tidak terlalu yakin jika dapat menikmati liburan hemat di Singapura. Yups, memang benar bahwa Negara Merlion cukup ramah menjadi tujuan wisata bagi backpacker dan kami akan merangkumnya dalam konsep serba murah dan hemat. Anda hanya perlu duduk manis dan simak info tips liburan ala backpacker sejati ke Singapura.

1. Berburu Tiket Murah

Photo by @ngalice0616

Melancong kemana saja akan lebih mudah dan efisien dengan menggunakan transportasi udara. Oleh karena itu sebelum menjalankan peran sebagai backpacker ke Singapura ada baiknya anda berburu tiket pesawat murah. Banyak maskapai yang menawarkan harga promo dari rute Surabaya ataupun Jakarta menuju ke Singapura, itu semua tergantung dari kegigihan anda mencari peluang tiket murah. Anda dapat memantau situs online atau langsung mengunjungi stand sale moment yang biasa diadakan oleh beberapa maskapai penerbangan.

2. Pesan Penginapan Lebih Awal

Photo by @adlerhostels

Selain tiket murah, yang harus anda siapkan sebelum keberangkatan adalah memesan penginapan. Saat ini banyak situs online yang menyediakan pemesanan hotel terbaik dari harga murah hingga selangit. Tapi untuk backpacker anda bisa mencari beberapa hostel Singapore dengan tarif ekonomis, seperti di kawasan Little India, Clarke Quay yang terkenal sebagai tempat penginapan dibawah 200.000 IDR per malam.

3. Ingat! Tukar Mata Uang Anda

Photo by @dimanebilan

Urutan ketiga ini mungkin juga dapat menjadi tips bagi anda yang akan berlibur ke Singapura atau negara lainnya. Menukar uang adalah hal wajib yang harus anda lakoni saat menjadi backpacker ke Singapura. Anda dapat menukar di money changer Indonesia untuk jaga-jaga apabila ada pengeluaran tak terduga sesaat setelah tiba di Negara Merlion. Disarankan juga untuk membawa credit card atau kartu ATM guna memback-up jika muncul pengeluaran di luar anggaran, tapi tetap harus menggunakan kedua kartu ini dengan bijaksana.

4. Manfaatkan Peta Manual Dan Digital

Photo by @_aanova_

Satu lagi yang mungkin simple tapi tidak boleh anda lewatkan yaitu GPS. Zaman sekarang sudah banyak orang menggunakan peta lewat smartphone karena dirasa lebih praktis dan tepat dalam menunjukkan arah. Sebagai backpacker, peta adalah salah satu barang utama karena dapat menjadi pemandu perjalanan seperti halnya tour guide dalam bentuk digital.

Saran dari kami jika anda ingin lebih mengenal negara ini, maka gunakanlah peta Singapura manual yang tersedia gratis di Bandara Changi. Dengan menggunakan dua benda ini diharapkan perjalanan liburan anda jauh lebih mudah untuk menjelajah Negara Singa.

5. Gunakan Transportasi MRT, Jangan Taksi

Photo by @smrtsingapore

Transportasi merupakan bagian akomodasi yang penting saat anda bepergian, untuk lebih menghemat pengeluaran selama di Singapura anda bisa memilih naik MRT. Kenapa? Karena MRT merupakan layanan transportasi utama dan paling murah di negara ini.

Tapi sebelum naik MRT anda harus terlebih dahulu membeli kartu EZ Link di Loket Stasiun, kartu ini memudahkan perjalanan anda kemana saja. Cara pakainya pun juga lebih mudah tidak jauh beda dengan commuter line di Jakarta. Ingat ya, jika tidak terlalu diburu waktu jangan gunakan taksi sebagai transportasi saat di Singapura.

6. Jangan Sampai Lewatkan Patung Merlion!

Photo by @mmiew

Liburan ke Singapura tidak akan pernah sah jika anda belum berfoto dengan si patung berkepala singa yang dikenal dengan Patung Merlion. Baik traveler elite atau backpacker ke Singapura wajib mengunjungi landmark ikonik Singapura ini, anda bisa berswa foto dengan latar belakang patung yang unik. Selain mengagumi simbol negara Singapura anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan cantik dari Marina Bay Sands dan Singapore River.

7. Memilih Tempat Makan Murah Dan Lezat

Photo by @sethluicious

Tidak ada liburan tanpa makanan! Dimana pun tujuan anda pastikan untuk menyantap beberapa kuliner khas dari tempat tersebut. Seperti di Singapura, banyak makanan khas yang ditawarkan dengan harga bervariasi. Mulai dari cafe, restoran hingga tempat makan sederhana ketiganya memiliki menu andalan penggoda mata. Untuk menekan pengeluaran dalam urusan perut anda bisa mengalihkan ke hidangan yang lebih terjangkau.

Kunjungilah hawker center, surga pencinta kuliner yang memberikan beberapa pilihan makanan khas Singapura dengan harga murah. Selain Hawker Center, anda juga dapat mengunjungi FoodJunction yang terletak di HarbourFront Center. Tempat ini populer dengan makanan khas seperti Hainan Chicken Rice. Selesai mengisi perut anda pasti butuh menu pencuci mulut, Orchard Road dapat menjadi tujuan penutup kuliner dengan menu sepotong es krim manis legendaris “One Dollar Ice Cream”

8. Mampir Ke Sentosa Island

Photo by @getwanderlusted

Tempat wisata di negara ini sangatlah beragam, tapi jika ingin melengkapi perjalanan backpacker ke Singapura anda harus mengunjungi Sentosa Island. Pulau ini memiliki sejuta objek wisata yang siap memanjakan liburan salah satunya adalah Universal Studios Singapore. Jangan kaget jika biaya tiketnya mahal, tenang saja anda tidak wajib masuk karena berfoto dengan bola dunia raksasa saja sudah cukup keren.

Tapi mungkin kesempatan ini juga tidak datang dua kali, jika anda memang berniat ingin menikmati wahana menarik di USS bisa memanfaatkan tiket promo melalui situs online. Bagaiaman? Tertarik masuk ke USS? Alangkah lebih baik jika memesan tiket promo sebelum anda berangkat ke Singapore supaya lebih efisien guna menghemat waktu liburan.

9. Bawa Botol Air Minum Sendiri

Photo by @charmingchalk

Mungkin trik ini terdengar cukup aneh, tapi tahukah anda kenapa harus membawa air minum sendiri? Tentu saja selain meredakan rasa haus anda bisa lebih hemat karena harga air mineral di Singapura terbilang cukup mahal. Setiap botol diharga mulai dari 10.000 IDR hingga 25.000, jadi daripada beli anda bisa membawa botol air minum sendiri. Jangan khawatir jika persediaan air habis karena anda bisa mengisi ulang botol di kran minum yang ada di banyak tempat umum seperti taman, bandara dan stasiun MRT.

10. Wisata Belanja Murah Di Singapore

Photo by @argoisme_

Tujuan terakhir backpacker ke Singapura setelah bersenang-senang adalah berburu buah tangan. Sebelum kembali ke Indonesia anda wajib membeli kenang-kenangan, tidak perlu mahal karena beberapa tempat belanja di Singapore sangatlah ramah untuk backpacker.

Tetap saja anda harus memikirikan dengan baik kira-kira barang apa yang mau anda beli, mulai dari assesoris, souvenir, atau makanan ringan. Kami merekomendasikan beberapa tempat yang cocok untuk kantong anda seperti kawasan Bugis Street, Mustafa Centre, Chinatown, Lucky Plaza dan Geylang Galert.

Recent Posts

7 Tempat Wisata Kuala Lumpur Yang Harus Ada di Bucket Listmu

Tiket pesawat domestik mahal? Jangan khawatir, Ada banyak sekali tempat wisata Kuala Lumpur yang bisa kamu jelajahi dengan mudah dan…

5 tahun ago

10 Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Saat Jalan Jalan ke Malaysia

Jalan jalan ke Malaysia akan terasa menyenangkan apabila mengajak  pasangan dan merencanakan agenda liburan dari 10 tempat wisata ini. Sudah…

5 tahun ago

Mengenali Sungai – Sungai di Malaysia yang Fenomenal

Ingin mengenali macam-macam sungai di Malaysia yang fenomenal? Mari kita simak artikel berikut yang akan membawa Anda untuk mengupas lebih jauh.…

5 tahun ago

Ingin Liburan Aman dan Nyaman? Ikuti Tips Traveling ala Backpacker ke Malaysia

Sebagian besar wisatawan Asia mungkin lebih sering berlibur di Kota Singa, namun tidak ada salahnya untuk mencoba traveling ala backpacker…

5 tahun ago

Jalan Jalan Lebih Nyaman Karena Malaysia Visa Sudah di Tangan

Hai sobat BefreeTour, liburan sebentar lagi nih, sudah merencanakan liburan belum? Liburan dalam negeri atau luar negeri? Dua dua nya…

5 tahun ago

7 Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

Jalan-jalan ke Malysia pastinya akan lebih sempurna jika anda mencicipi berbagai makanan khas malaysia yang menggugah selera. Malaysia negara paling…

5 tahun ago