Categories: MalaysiaSingapura

Ini Dia Cara Ke Singapura Dari Malaysia

Photo by @drkenricktham

Jangan bingung menentukan pilihan, anda bisa sekaligus menikmati liburan di dua negara dengan mengikuti cara ke Singapura dari Malaysia tanpa beban. Liburan ke luar negeri bukan lagi mimpi, anda bisa dengan mudah mendapatkan impian ini meskipun dengan budget tipis. Mungkin menabung selama 3 atau 4 bulan dapat membantu perjalanan anda selama beberapa hari keliling negara tetangga. Baik sebagai traveller pemula atau backpacker sejati anda dapat menikmati kesenangan menjelajah dua negara tanpa permasalahkan anggaran.

Transportasi, penginapan, makanan adalah tiga hal yang tidak boleh anda lewatkan, tetapi dari semua kebutuhan itu yang paling penting adalah bagaimana anda bisa memilih transportasi tepat. Kebanyakan orang Indonesia berkunjung ke negara ini untuk berwisata atau sekedar berbisnis dengan jangka waktu yang cukup lama. Jadi, transportasi sangat berpengaruh dalam mengejar jadwal anda kemana dan dimana saja. Untuk mempermudah perjalanan anda selama di Kota Singa, kami akan memberikan beberapa ulasan menarik seputar transportasi, tips dan tempat wisata menarik dari Kuala Lumpur ke Singapore.

Transportasi Yang Digunakan ke Singapura dari Malaysia

Photo by @changiairport

Singapore terletak dekat dari Malaysia, jadi sangat disayangkan apabila anda tidak meluangkan waktu mengunjungi negara Merlion. Tidak perlu bingung harus menaiki apa, karena kini tersedia beberapa transportasi udara hingga darat dengan harga tiket yang cukup terjangkau. Saran dari kami, apabila anda membawa budget terbatas lebih baik memilih transportasi darat Kuala Lumpur ke Singapore yang mungkin lebih ekonomis dibanding naik pesawat. Baik darat, laut, atau udara tidak jadi masalah karena ketinganya memiliki keunggulan masing-masing yang hanya perlu anda sesuaikan dengan anggaran pribadi.

  • Pesawat

Transportasi pertama dari Kuala Lumpur ke Singapore yang akan mengantar anda dengan cepat adalah pesawat. Tersedia 40 jadwal penerbangan dari Malaysia ke Singapore melalui maskapai ternama diantaranya Malindo, Air Asia, Tigerair, dan Jetstar. Rata-rata harga tiketnya dipatok sekitar Rp300.000 sampai dengan Rp500.000. Anda tinggal duduk manis menikmati penerbangan singkat kurang lebih 1 jam untuk sampai di Bandara International Changi.

  • Bus

Bus Kuala Lumpur dapat menjadi pilihan kedua sebagai transportasi utama dari Malaysia ke Singapore. Berbeda jauh dari pesawat, harga tiket bus Kuala Lumpur ke Singapore cenderung lebih murah, kurang dari Rp300.000. Anda sudah dapat menikmati fasilitas premium seperti TV LCD, full AC, kursi empuk yang siap memanjakan perjalanan selama 5 hingga 7 jam. Tiket bus Kuala Lumpur ke Singapore bisa dibeli secara online melalui situs resmi atau lewat Terminal Bersepadu Selatan, Berjaya Times Square Hotel, dan Pudu Sentral.

  • Kereta Api

Jalur darat terakhir yang bisa anda pilih selain bus dari Kuala Lumpur ke Singapore adalah Kereta Api KL. Berbeda dari bus, tiket kereta api ke Singapore dipatok dengan harga sekitar Rp150.000 sampai Rp350.000. Perjalanan dari Johor Bahru ke Singapore memakan waktu sekitar 6 hingga 7 jam dengan melewati rute panjang dari Hatyai, Thailand, Penang, dan Malaysia. Sangat memungkinkan untuk berwisata ke tiga negara sekaligus bukan?

Kedepan, pemerintah kedua negara ini berencana untuk membangun kereta cepat dari Malaysia ke Singapura yang diperkirakan mulai beroperasi pada tahun 2026. Kereta cepat ini adalah bentuk dari kerjasama pemerintah Singapore dan Malaysia, yang memiliki keutamaan dapat mengantar penumpang hanya dalam waktu 90 menit saja.

Tips Jalan-Jalan Hemat dari Malaysia ke Singapore

(Sumber: Pexels)

Setelah menemukan cara ke Singapura dari Malaysia anda bisa mempersiapkan diri untuk mengepak ransel menjelajahi dua negara. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan secara matang sebelum terbang ke negara tetangga Indonesia ini. Lakukan sebuah survei mini agar liburan backpacker anda nantinya berjalan aman, nyaman dan ringan anggaran. Salah satunya dengan mengikuti tips berikut ini:

  • Memilih Transportasi yang Tepat

Tips pertama ini sangat penting bagi anda yang ingin merasakan perjalanan hemat dari Malaysia ke Singapura. Seperti yang sudah dijelaskan ada beberapa transportasi Singapura, mulai dari darat hingga udara yang bisa anda gunakan. Pilih yang sekiranya sesuai dengan anggaran, meskipun semuanya menawarkan kenyamanan. Jadi tidak perlu menuruti keinginan, dengan bus atau kereta api pun anda bisa mendapatkan pengalaman berkesan. 

  • Memesan Penginapan Murah

Tips kedua adalah memesan tempat tinggal sementara, karena selama di negara asing anda perlu beristirahat nyaman dan meletakkan barang bawaan ditempat yang aman. Meskipun Singapura terkenal memiliki biaya hidup mahal, Jangan salah! Anda masih bisa mendapatkan hotel murah yang terletak cukup strategis di tengah kota.

Ada baiknya untuk memesan jauh hari secara online untuk mendapatkan harga penginapan lebih terjangkau. Memesan penginapan merupakan cara ke Singapura dari Malaysia yang dapat menekan pengeluaran anda. Kami merekomendasikan hostel sebagai salah satu penginapan nyaman dan murah yang memasang tarif kamar sekitar Rp150.000 hingga Rp200.000 per malam.

  • Mengunjungi tempat makan lezat harga ekonomis

Ada banyak cara ke Singapura dari Malaysia, selain akomodasi anda juga harus mempertimbangkan tempat makan. Kuliner tidak bisa dianggap sepele, karena dapat mempengaruhi mood liburan anda selama beberapa hari. Jadi, cobalah untuk memilih tempat makan lokal dengan harga ramah. Food Court di Woodlands Center merupakan salah satu tempat makan terbaik. Selain letaknya di perbatasan Malaysia dan Singapura tempat ini juga menyediakan berbagai menu olahan Asia seperti India, Indonesia dan Malaysia. Hanya dengan merogoh kocek sekitar SG$ 2 hingga SG$ 4 anda sudah dapat menikmati makan besar dengan citarasa istimewa.

  • Menikmati wisata gratis anti miris

Tips liburan hemat terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan mengunjungi destinasi wisata gratis di Singapura. Singapore memiliki banyak tempat menakjubkan tanpa menarik biaya masuk, sebut saja Orchard Road, Singapore Botanical Garden, dan Marina Bay. Cobalah untuk memanfaatkan beberapa objek wisata gratis sebagai agenda liburan menyenangkan di Negara Singa.

Objek wisata wajib DI Singapore dan Malaysia

Bagaimana? Cukup mudah bukan mengikuti cara ke Singapura dari Malaysia? Tapi ingat, jika anda mengunjungi kedua negara jangan sampai melewatkan beberapa objek wisata populer Singapura atau Malaysia dibawah ini.

1. Berswafoto keren di Merlion Park

Photo by @imdivyanagesh

Jangan bilang pernah ke Singapore jika belum bertemu dengan si patung singa. Merlion Park adalah tempat wajib yang harus anda kunjungi saat menginjakkan kaki di Singapore. Pastikan untuk berfoto dengan patung ikonik berupa kepala singa dan bertubuh ikan ya?

2. Berjalan-jalan santai di Orchard Road

Photo by @gema_is_wanderlust

Selain Merlion Park, objek wisata bernama Orchard Road juga harus anda datangi. Disini anda dapat melihat hiruk pikuk keramaian pusat kota selama 24 jam nonstop. Bangunan megah dari pusat perbelanjaan, restoran dan hotel mewah adalah pemandangan metropolitan yang cocok sebagai obat cuci mata di malam hari.

3. Intip kecantikan kebun raksasa Gardens by The Bay   

Photo by @lecinlurvee

Hanya di Gardens by The Bay anda dapat merasakan kemegahan dunia fantasi dari taman raksasa seluas 100 hektar. Tempat ini sering digunakan wisatawan sebagai area nongkrong eksotis berhiaskan lampu warna-warni pohon raksasa.

4. Kagumi eloknya Menara Kembar Petronas

Photo by @yana_fire

Jika di Singapore punya Merlion, di Malaysia ada Menara Kembar Petronas sebagai bangunan ikonik khas Negeri Jiran. Menara ini pernah tercatat menjadi menara tertinggi dari tahun 1998 hingga 2004. Anda bisa sekedar berfoto didepan menara atau naik menuju ke lantai 41, menyeberangi jembatan penghubung Menara Kembar diatas ketinggian 170 meter.

5. Bersantai sejenak di Taman KLCC

Photo by @sharonyws

Tidak jauh dari Menara Kembar anda bisa menemukan objek wisata berupa taman asri yang dikenal dengan nama Taman KLCC. Tempat ini menjadi pusat hiburan sore dimana wisatawan dapat melakukan jogging, bersantai hingga bersepeda menikmati pemandangan hijau diantara gedung pencakar langit.

Recent Posts

7 Tempat Wisata Kuala Lumpur Yang Harus Ada di Bucket Listmu

Tiket pesawat domestik mahal? Jangan khawatir, Ada banyak sekali tempat wisata Kuala Lumpur yang bisa kamu jelajahi dengan mudah dan…

5 tahun ago

10 Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Saat Jalan Jalan ke Malaysia

Jalan jalan ke Malaysia akan terasa menyenangkan apabila mengajak  pasangan dan merencanakan agenda liburan dari 10 tempat wisata ini. Sudah…

5 tahun ago

Mengenali Sungai – Sungai di Malaysia yang Fenomenal

Ingin mengenali macam-macam sungai di Malaysia yang fenomenal? Mari kita simak artikel berikut yang akan membawa Anda untuk mengupas lebih jauh.…

5 tahun ago

Ingin Liburan Aman dan Nyaman? Ikuti Tips Traveling ala Backpacker ke Malaysia

Sebagian besar wisatawan Asia mungkin lebih sering berlibur di Kota Singa, namun tidak ada salahnya untuk mencoba traveling ala backpacker…

5 tahun ago

Jalan Jalan Lebih Nyaman Karena Malaysia Visa Sudah di Tangan

Hai sobat BefreeTour, liburan sebentar lagi nih, sudah merencanakan liburan belum? Liburan dalam negeri atau luar negeri? Dua dua nya…

5 tahun ago

7 Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

Jalan-jalan ke Malysia pastinya akan lebih sempurna jika anda mencicipi berbagai makanan khas malaysia yang menggugah selera. Malaysia negara paling…

5 tahun ago