Categories: Singapura

Cara Mengisi Kartu Imigrasi Singapore Terlengkap

(Sumber: Pexels)

Menginjakkan kaki di Negara Singa jangan sampai melewatkan kewajiban sebagai wisatawan disiplin dengan cara mengisi kartu imigrasi Singapore. Kegiatan ini tanpa harus menyertakan Singapore Visa, tetapi tahukah anda apa yang dimaksud dengan Kartu Imigrasi? Banyak dari traveler pemula pasti merasa asing dengan kartu ini. Bagi yang belum tahu apa itu kartu imigrasi tidak perlu repot membuka mesin pencari, karena anda bisa mengetahuinya disini. Kartu imigrasi terdiri dari dua jenis yang sering disebut dengan disembarkation dan embarkation card.

Kedua kartu ini berisi kolom kosong yang harus anda tulis sesuai dengan identitas pribadi. Biasanya kartu imigrasi akan diberikan pada saat anda naik pesawat dari Indonesia atau akan tiba di tujuan. Tapi, apabila belum mendapat kartu cobalah meminta kepada pramugari maskapai yang anda tumpangi. Kartu kedatangan adalah yang pertama akan diperiksa oleh petugas imigrasi saat anda sudah sampai di Singapura. Setelah kartu kedatangan disobek dan disimpan oleh petugas imigrasi, bagian kartu keberangkatan akan diberikan kepada anda. Simpanlah kartu ini dengan baik, lebih aman jika anda simpan di dalam paspor agar tidak hilang.

Cara mengisi kartu imigrasi Singapore

Photo by @changiairport

Sekali lagi anda yang akan memulai liburan ke Singapore tidak perlu bingung bagaimana cara mengisi kartu imigrasi Singapore. Panduan mengisi formulir tersebut cukup mudah, bahkan dari kertas formulir juga tertulis petunjuk. Satu lagi apabila anda tidak membawa alat tulis, meja di dekat pintu imigrasi menyediakan peratalan tulis lengkap yang dapat anda pinjam.

Semua kolom wajib anda isi, karena jika tidak anda akan mengalami kesulitan masuk ke Negara Merlion. Sangat disayangkan bukan tidak dapat menjelajah berbagai objek wisata seperti Singapore Safari Night. Sedikit catatan sebelum memulai mengisi formulir, diharapkan untuk menggunakan huruf kapital di setiap jawaban. Berikut akan kami jabarkan secara jelas panduan mengisi kartu imigrasi Singapore:

1. Full Name

Cara mengisi kartu imigrasi Singapore yang pertama adalah mencantumkan nama lengkap, anda haraus mengisi nama sesuai paspor. Selain nama lengkap anda juga wajib memberikan tanda ceklis pada kotak “Sex” dengan dua pilihan antara Male (Laki-Laki) dan Female (Perempuan).

2. Passport Number

Tata cara kedua adalah nomor paspor, anda tinggal memasukkan sesuai dengan yang tertera di paspor. Biasanya letak nomor ini berada di pojok kanan atas.

3. Place of Resident

Urutan ketiga yang harus anda isi adalah tempat tinggal di Indonesia dengan rincian:

  • City (kota)
  • State (boleh dikosongi)
  • Country (negara)

4. Flight No.

Jika ingin mengisi kolom keempat anda harus tahu berapa nomor penerbangan yang dinaiki saat berangkat menuju ke Singapura.

5. Address in Singapore

Kolom kelima adalah alamat menginap di Singapura. Sudah jelas bahwa anda harus mencantumkan nama hotel atau penginapan lengkap dengan Nomor Telepon dan Kode Pos dari penginapan tersebut.

6. Country of Birth

Bagian keenam berisi dimana negara tempat anda dilahirkan.

7. Identity card number (Malaysian only)

Untuk urutan ke tujuh ini biasanya ditujukan hanya untuk Warga Negara Malaysia saja, jika anda WNI maka cukup mengosongkan kolom ini.

8. Date of Birth

Cara mengisi kartu imigrasi Singapore nomor delapan adalah dengan memasukkan tanggal, bulan dan tahun lahir anda. Pasti sudah paham bukan?

9. Length of stay

Nah, untuk urutan nomor sembilan ini adalah soal waktu, seberapa lama anda tinggal di Singapore. Misal 3D2N maka anda bisa menulis dengan angka 03.

10. Nationality

Nomor sepuluh sendiri adalah kewarganegaraan, dimana ada dua kolom berisikan:

  • Last City Before Singapore: Kota terakhir yang anda kunjungi sebelum melakukan perjalanan wisata ke Singapura.
  • Next City After Singapore: Tujuan selanjutnya dari Singapura anda akan kemana.

11. Have you been to Africa or South America during the last 6 days?

Inti dari pertanyaan diatas adalah menanyakan apa pernah berpergian ke Afrika atau Amerika Selatan selama 6 hari terakhir? Selain itu juga terdapat pertanyaan seperti dibawah ini:

  • Have you ever used a passport under different name to enter Singapore? (Apakah Anda pernah menggunakan paspor dengan nama berbeda untuk memasuki Singapura?)
  • Have you ever been prohibited from entering Singapore? (Pernahkah Anda dilarang memasuki Singapura?)

Jika semua jawaban anda tidak, maka cukup ceklis kolom No.

12. Full Name as it appears in passport

Kolom ini bisa anda isi dengan nama lengkap sesuai paspor

13. Nationality

Apabila berkewarganegaraan Indonesia maka tulis di kolom dengan nama “Indonesia”

14. Identity card number

Seperti kolom sebelumnya nomor identitas penduduk ini hanya ditujukan khusus kepada warga Malaysia.

15. Office Use only

Tidak perlu diisi, anda bisa mengosongi kolom ini.

16. Signature

Harus anda isi dengan tanda tangan asli, jika mengisi formulir anak anda yang belum bisa menulis bagian Sigature ini dapat di kosongi.

17. For Office Use Only

Kolom terakhir ini bisa anda kosongi sama seperti bagian nomor lima belas.

Sistem Electronic Arrival Card

Photo by @changiairport

Mungkin jika anda liburan atau jalan jalan di singapore pada tahun 2018 awal masih harus mengisi formulir kartu kedatangan. Ya, anda mau tidak mau harus memahami cara mengisi kartu imigrasi Singapore. Tapia da kabar baik bagi anda, pada tanggal 4 Oktober 2018 Immigration and Checkpoints Authority (ICA) secara resmi menerapkan kebijakan baru mengenai sistem imigrasi Singapura. Semula wisatawan dari kalangan menengah atau backpacker Singapore diwajibkan untuk mengisi kartu fisik sekarang sudah bisa menggunakan kartu elektronik dan dapat diakses melalui website resmi atau aplikasi mobile ICA.

Berlakunya kebijakan Sistem Electronic Arrival Card

Photo by @regina_tju

Sistem Electronic Arrival Card diberlakukan mulai bulan Oktober 2018 dengan sistem percobaan selama 3 bulan. Kartu elektronik ini diperuntukan bagi wisatawan mancanegara  dengan mencantumkan keterangan pribadi seperti halnya kartu imigrasi fisik. Tapi anda bisa mengisi secara online, bahkan bisa anda gunakan untuk rombongan keluarga dalam sekali pengisian.

Pastinya lebih efektif bukan? Selain ramah lingkungan dari limbah kertas, Electronic Arrival Card juga menyediakan opsi bahasa yang cukup lengkap. Anda diwajibkan untuk melapor via daring baik yang masuk melalui jalur laut, udara dan darat. Perlu diingat jika kebijakan ini tidak berlaku bagi pemegang izin visa pelajar, pekerja dan permanent resident.

Langkah-langkah wajib lapor masuk Singapore via daring

Photo by @changiairport

Tidak hanya mengetahui kebijakan baru yang berlaku, anda juga bisa melihat panduan wajib lapor yang dapat menjadi acuan saat akan pergi ke Singapore. Berikut ini akan kami bagikan langkah-langkah wajib lapor via daring:

  • Sebelum masuk ke area imigrasi anda diwajibkan untuk mengisi formulir yang berisi tentang informasi pribadi. Cara mengisinya cukup mudah, pertama akseslah situs ICA dan cantumkan semua informasi yang dibutuhkan.
  • Jika ingin lebih praktis anda dapat mengunduh aplikasi ICA dan isi semua kolom kosong yang tertera dengan data sesuai identitas.
  • Proses pengisian sudah lengkap? Anda hanya perlu menunjukkan paspor di bagian gate informasi untuk pemeriksaan imigrasi.

Recent Posts

7 Tempat Wisata Kuala Lumpur Yang Harus Ada di Bucket Listmu

Tiket pesawat domestik mahal? Jangan khawatir, Ada banyak sekali tempat wisata Kuala Lumpur yang bisa kamu jelajahi dengan mudah dan…

1 tahun ago

10 Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Saat Jalan Jalan ke Malaysia

Jalan jalan ke Malaysia akan terasa menyenangkan apabila mengajak  pasangan dan merencanakan agenda liburan dari 10 tempat wisata ini. Sudah…

1 tahun ago

Mengenali Sungai – Sungai di Malaysia yang Fenomenal

Ingin mengenali macam-macam sungai di Malaysia yang fenomenal? Mari kita simak artikel berikut yang akan membawa Anda untuk mengupas lebih jauh.…

1 tahun ago

Ingin Liburan Aman dan Nyaman? Ikuti Tips Traveling ala Backpacker ke Malaysia

Sebagian besar wisatawan Asia mungkin lebih sering berlibur di Kota Singa, namun tidak ada salahnya untuk mencoba traveling ala backpacker…

1 tahun ago

Jalan Jalan Lebih Nyaman Karena Malaysia Visa Sudah di Tangan

Hai sobat BefreeTour, liburan sebentar lagi nih, sudah merencanakan liburan belum? Liburan dalam negeri atau luar negeri? Dua dua nya…

1 tahun ago

7 Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

Jalan-jalan ke Malysia pastinya akan lebih sempurna jika anda mencicipi berbagai makanan khas malaysia yang menggugah selera. Malaysia negara paling…

1 tahun ago