Categories: Singapura

Begini Cara Naik MRT Singapore 2019

Photo by @_andyyong

Ingin tahu cara naik MRT Singapore? Sebelum menemukan langkah menaiki transportasi ini ada baiknya anda mengenal apa itu Singapura Mass Rapid Transit. MRT adalah alat transportasi utama dari Negara Merlion dengan sistem transportasi cepat berwujud kereta api. MRT di negara Merlion pertama kali beroperasi di Stasiun Toa Payoh dan Stasiun Yio Chu Kang yang dibuka tepat pada tahun 1987. Tidak heran jika MRT Singapore dilabeli sebagai sistem angkutan cepat kedua dan tertua dalam lingkup Asia Tenggara.

Apa saja Jalur dan Peta MRT

Photo by @smrtsingapore

Jika anda berlibur ke Singapore setidaknya harus paham jalur MRT Singapore, karena MRT berperan penting sebagai transportasi utama anda untuk menjelajah Negara Merlion. 

Jalur MRT
  • MRT di Singapore memiliki lima jalur yang menghubungkan lebih dari 100 stasiun, dengan jaringan rute MRT Singapore dari Bandara Changi. Anda bisa menggunakan jalur akses warna hijau East West Line, yang melayani rute Bandara Changi dan Pasir Ris menuju Joo Koon.
  • North South Line digunakan sebagai jalur rute MRT dari Marina bay sampai di kawasan Jurong East. Akses MRT berwarna merah ini merupakan jalur wisata yang sering digunakan oleh wisatawan, terutama mereka yang ingin menuju ke kawasan wisata belanja Orchad Road.
  • Jalur akses MRT warna ungu, North East Line juga dapat digunakan untuk menuju ke tempat wisata belanja seperti Chinatown dan Mustafa Centre. Dilihat dari cara naik MRT Singapore, purple line merupakan jalur akses dari Punggol sampai HarbourtFront
  • Keempat ada Circle Line memiliki simbol warna kuning yang digunakan sebagai jalur keliling pusat kota dari HarbourFront sampai ke Marina Bay.
  • Terakhir ada Dowtown Line atau Blue Line yang membawa anda menuju rute barat laut ke timur, melalui Botanic Gardens, Bedok Reservoir, dan Beauty World.
Peta MRT

Namun bagi anda yang ingin menggunakan MRT untuk menjelajah Singapura, jangan lupa untuk selalu membawa peta petunjuk arah. Anda bisa menemukan peta Singapore ini melalui petugas informasi yang selalu siap siaga membantu wisatawan mendapatikan kemudahan akses wisata di Singapura dengan MRT.

Bagaimana cara naik MRT

Photo by @smrtsingapore

Singapura bisa dikatakan sebagai negara cabe rawit, Kenapa? Karena meskipun tidak memiliki luas wilayah seperti Indonesia, Singapore mampu unggul dibidang ekonomi, teknologi dan pariwisata. Singapore tidak hanya memukau anda dari segi hiburan tetapi juga transportasi, dimana anda bisa merasakan kenyamanan menaiki MRT. Disini kami akan membahas seputar tata cara naik MRT Singapore hingga harga MRT Singapore 2019yang mungkin bisa berguna sebagai informasi liburan.

  • Pertama, temukan dahulu stasiun MRT terdekat, anda dapat menggunakan perangkat tambahan dengan menginstall aplikasi Singapore Transport Maps melalui smartphone.
  • Memahami tujuan dari Peta Jaringan MRT, hal ini sangat penting sebagai petunjuk bagi anda untuk mengetahui letak pintu masuk hingga keberadaan mesin tiket.
  • Membeli tiket, sudah pasti cara naik MRT Singapore yang ketiga ini tidak boleh terlewat. Anda bisa membeli tiket standar, Singapore Tourist Pass atau kartu EZ link yang lebih praktis untuk digunakan.
  • Memperhitungkan rute, misal dari Harbourfront ke Bugis atau Changi ke Orchard bisa ditempuh dengan jalur hijau maka anda bisa melihat peta MRT lainnya jika ingin turun ke objek wisata lainnya.
  • Melakukan Check In, ada baiknya anda melakukan lebih cepat sebelum kereta anda tiba.

Dimana beli tiket MRT dan Harga tiket MRT

Photo by @amith_gamage_ma
  • Tiket MRT bisa anda dapatkan dengan mudah, untuk tiket standar misalnya banyak dijual melalui General Ticketing Machines atau GTMs. Sedangkan untuk Singapore EZ-Link Card bisa anda beli melalui layanan tour & travel online seperti Befreetour.
  • MRT di Singapore memasang tarif cukup ekonomis dimana untuk perjalanan jauh dekat penumpang hanya membayar harga tiket MRT Singapore berkisar 60 sen hingga SG $ 2, 80. Tapi jika memilih EZ-Link anda bisa lebih menghemat biaya transportasi.
  • Terakhir adalah informasi jam operasional MRT Singapore, pada umumnya MRT beroperasi mulai dari pukul 05.30 sampai dengan pukul 23.30 bahkan hingga tengah malam. Jadi anda tidak perlu bingung jika pulang ke penginapan sedikit malam.

Tips aman naik MRT 

Photo by @smrtsingapore

MRT Singapura merupakan transportasi yang sangat mumpuni sebagai sarana utama keliling Negara Merlion. Jika anda sudah lebih paham bagaimana cara naik MRT Singapore, maka kami akan memberikan beberapa tips saat akan menggunakan layanan MRT di Singapore.

  • Perhatikan dan taati peraturan saat di dalam kereta, seperti tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi makanan, minuman, dan merokok.
  • Membawa persediaan pecahan uang besar jika anda membeli tiket MRT melalui General Ticket Machine.
  • Membaca dan pahami peta sebelum naik MRT.
  • Budayakan mengantri dengan tertib karena Singapura merupakan salah satu negara terdisplin di dunia.
  • Perhatikan pengumuman di dalam kereta untuk meminimalisir kesalahan agar tidak salah turun. Jangan takut untuk bertanya pada petugas operator jika anda merasa tidak yakin atau bingung.
  • Berhati-hati saat akan keluar, jangan sampai anda terpesorok ke dalam celah antara kereta dan peron.
  • Setelah turun dari MRT anda bisa mencari mesin tiket MRT untuk melakukan STP atau tap kartu kartu EZ-Link, apabila menggunakan kartu MRT Singapore.

Objek wisata di sekitar Stasiun MRT Singapore

Menjelajah Singapura kurang lengkap jika tidak meluangkan waktu untuk mengunjungi beberapa objek wisata terbaik. Letak tempat-tempat populer ini juga tidak jauh dari stasiun dan bisa anda kunjungi hanya dengan berjalan kaki. Penasaran dimana saja? Berikut ulasannya.

1. Orchard Road – MRT Orchard Road

Photo by @songe_lab_

Objek wisata pertama yang bisa anda kunjungi adalah kawasan Orchard Road, dimana tempat ini terkenal sebagai surga belanja barang bermerek seperti LV dan Prada.

2. Chinatown – MRT Chinatown

Photo by @gohagglestar

Kawasan ini dikenal sebagai daerah pecinan dan menawarkan wisatawan dengan berbagai macam kebutuhan seperti makanan, aksesoris, dan obat-obatan herbal dari China

3. Little India – MRT Farrer Park

Photo by @taylapiubello

Jalan-jalan ke Little India tidak akan membuat anda bosan, karena tempat ini memiliki beberapa lokasi populer salah satunya adalah Mustafa Centre.

4. Bugis – MRT Bugis

Photo by @yuliawijayantii

Masih di kawasan belanja, Bugis Street memanjakan anda dengan berbagai fashion masa kini. Semua kebutuhan wisata anda bisa ditemukan di sekitar Central Library dan Bugis Juction Mall. Tidak ketinggalan bangunan suci Masjid Sultan dan Arab Street yang akan membuat anda seperti berlibur ke negara Timur Tengah.

5. Sentosa Island – MRT Harbour Front

Photo by @insynced

Siapa yang tidak kenal Sentosa Island? Ancolnya Singapore ini memiliki beragam hiburan menarik seperti Universal Studio, Madame Tussauds dan Sea Aquarium.

6. Merlion – MRT Rafles Place

Photo by @amanjivraj & @shai.xox

Dari Sentosa Island anda bisa melanjutkan penjelajahan ke Merlion Park, objek wisata ikonik yang menjadi lambang dari negara Singapore berupa kepala singa dan bertubuh ikan.

7. Garden by The Bay – Stasiun MRT Bayfront

Photo by @milkaapw

Selain Merlion jangan lewatkan objek wisata Marina Bay Sands dan Garden by The Bay yang menawarkan spot instagramable terbaik di Singapore. 

Recent Posts

7 Tempat Wisata Kuala Lumpur Yang Harus Ada di Bucket Listmu

Tiket pesawat domestik mahal? Jangan khawatir, Ada banyak sekali tempat wisata Kuala Lumpur yang bisa kamu jelajahi dengan mudah dan…

5 tahun ago

10 Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Saat Jalan Jalan ke Malaysia

Jalan jalan ke Malaysia akan terasa menyenangkan apabila mengajak  pasangan dan merencanakan agenda liburan dari 10 tempat wisata ini. Sudah…

5 tahun ago

Mengenali Sungai – Sungai di Malaysia yang Fenomenal

Ingin mengenali macam-macam sungai di Malaysia yang fenomenal? Mari kita simak artikel berikut yang akan membawa Anda untuk mengupas lebih jauh.…

5 tahun ago

Ingin Liburan Aman dan Nyaman? Ikuti Tips Traveling ala Backpacker ke Malaysia

Sebagian besar wisatawan Asia mungkin lebih sering berlibur di Kota Singa, namun tidak ada salahnya untuk mencoba traveling ala backpacker…

5 tahun ago

Jalan Jalan Lebih Nyaman Karena Malaysia Visa Sudah di Tangan

Hai sobat BefreeTour, liburan sebentar lagi nih, sudah merencanakan liburan belum? Liburan dalam negeri atau luar negeri? Dua dua nya…

5 tahun ago

7 Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

Jalan-jalan ke Malysia pastinya akan lebih sempurna jika anda mencicipi berbagai makanan khas malaysia yang menggugah selera. Malaysia negara paling…

5 tahun ago