Categories: Thailand

10 Makanan Khas Thailand Yang Menggugah Selera

Negeri Gajah Putih adalah salah satu tujuan utama foodie sejati, karena tempat ini terkenal sebagai surga kuliner unik dari makanan khas Thailand. Perlu kalian ketahui, jika Thailand dikenal sebagai negara di Asia Tenggara yang paling banyak menyedot perhatian wisatawan hingga taraf internasional. Negeri Seribu Pagoda ini menawarkan ratusan destinasi wisata yang menarik, mulai dari keindahan alam, budaya dan tentu saja kuliner. Anda tentu tahu jika tidak ada liburan tanpa makanan, baik sedang melancong ke lintas daerah, provinsi hingga negara sajian kuliner wajib hadir menemani setiap perjalanan.

Mungkin ada beberapa makanan di Thailand yang dapat menjadi list kuliner favorit anda. Selain harganya yang terjangkau, kebanyakan hidangan khas negara ini juga dengan mudah bisa anda temukan. Thailand sendiri banyak menggunakan bumbu rempah dan cenderung memiliki cita rasa asin, asam dan pedas sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Semua jenis makanan di Thailand memiliki aroma yang tidak asing dengan indera penciuman dan perasa bagi wisatawan Indonesia. Memang tidak ada habisnya membahas ragam kuliner negara bersimbol gajah ini, tapi apabila anda berencana untuk liburan ke Thailand tidak ada salahnya untuk mencoba 10 kuliner dari Negeri Gajah Putih.

1. Nasi Goreng Khao Pad Rasanya Nampol Di Lidah

Photo by @aboutphuket

Tidak hanya Indonesia yang memiliki menu nasi goreng spesial, Thailand juga mempunyai sajian hidangan bernama Nasi Goreng Khao Pad. Perbedaan keduanya adalah dari cita rasa makanan khas Thailand ini tidak sepedas nasi goreng dari Indonesia. Jika anda menyukai nasi yang digoreng dengan campuran daging dan sayur maka cobalah untuk mencicipi lezatnya Nasi Goreng Khao Pad. Ada beberapa variasi olahan nasi goreng Thailand seperti menggunakan tambahan daging kepiting, potongan ayam, udang hingga daging babi.

2. Cicipi Segarnya Salad Thailand, Som Tam

Photo by @migrationology

Som Tam merupakan makanan khas Thailand yang terbuat dari buah pepaya muda dimasak dengan bumbu sederhana, terdiri dari cabai, tomat, bawang putih, jeruk nipis dan saus ikan. Kudapan ini biasa disajikan sebagai pengganti makanan berat dan memiliki cita rasa pedas, manis, asin serta gurih. Salad asli Thailand, Som Tam juga pernah masuk dalam platform streaming online CNN dengan kategori 50 Makanan Paling Lezat di Dunia. Sudah dipastikan makanan ini nikmatnya juara untuk dijadikan salah satu hidangan wajib anda saat liburan ke Thailand.

3. Kentalnya Kuah Massaman Curry Yang Kaya Rempah

Photo by @theroastedroot

Kari Massaman merupakan jenis kuliner khas Thailand yang sudah dikenal sejak abad 17. Makanan lezat ini biasanya disajikan dengan isian daging sapi atau potongan ayam. Tidak ketinggalan beberapa bahan pelengkap lain seperti wortel, kentang, kayu manis, kapulaga, jintan putih dan rempah-rempah lainnya. Massaman Curry cocok dihidangkan sebagai teman makan nasi, rasanya yang kaya rempah dijamin membuat anda tidak bisa berhenti untuk menyantap makanan ini.

4. Santap Segarnya Tom Yam Sup Khas Thailand

Photo by @babybossmichaelsin

Siapa yang tidak kenal Sup ini? Tom Yam merupakan deretan makanan khas Thailand yang sangat populer baik di Asia hingga Eropa. Sup Tom Yam terbagi menjadi beberapa jenis, untuk isian udang diberi nama Tom Yam Goong, dan jika menggunakan bahan dasar ikan biasa disebut Tom Yam Pla. Sedangkan untuk isian seafood lengkap dikenal dengan nama Tom Yam Po Taek dengan cita rasa yang cenderung pedas. Makanan ini sangat direkomendasikan bagi anda pencinta kuliner pedas, dimana akan lebih sempurna jika disantap saat masih hangat. Makanan bercita rasa pedas dan asam ini dapat anda temukan di kedai pinggir jalan hingga restoran kelas atas seperti Bangkok Sky Restaurant.

5. Manisnya Mango Sticky Rice Hidangan Penutup Yang Sempurna

Photo by @ibz_gateway

Mango Sticky Rice tidak termasuk dalam jenis makanan berat, karena hidangan ini biasa disajikan sebagai hidangan penutup. Jika jalan jalan ke Thailand anda akan banyak menemukan restoran yang menyediakan menu kudapan manis ini, karena rasanya cukup membuat orang jatuh cinta. Mango Sticky Rice menggunakan bahan utama dari ketan, potongan mangga manis yang di siram dengan kuah santan gurih. Meskipun kombinasi makanan ini cukup aneh dikalangan orang Indonesia tapi setelah mencicipinya Mango Sticky Rice bisa membuat anda ketagihan.

6. Lepaskan Stres Dengan Menyantap Kaeng Phet

Photo by @inawaratei

Apakah anda penggemar makanan pedas? Ada satu lagi makanan khas Thailand yang cocok untuk lidah orang Indonesia yaitu, Khaeng Phet Kari Merah. Dari namanya anda sudah pasti paham jenis makanan ini menggunakan cabai merah beraroma menyengat. Khaeng Phet diracik dengan bahan utama daging ayam, sapi dan babi yang direbus bersama santan, bumbu kari dan cabai. Khaeng Phet memadukan rasa gurih dari santan, manisnya gula palem dan asin dari saus ikan.

Ada beberapa tempat yang menyajikan menu makanan ini dengan isian nanas dan potongan bambu muda, pastinya sangat bersahabat jika di hidangkan dengan nasi hangat. Banyak wisatawan Thailand atau manca jatuh cinta dengan makanan ini. Disamping memiliki aroma rempah yang menggugah selera Khaeng Phet Kari Merah juga dinikmati sebagai hidangan pelepas stres. 

7. Lembutnya Khao Tom Bubur Khas Thailand

Photo by @janiejoly

Mungkin di Indonesia kita dapat dengan mudah menemukan bubur ayam sebagai menu sarapan, Jangan salah lho, Thailand juga memiliki sajian bubur lezat yang bernama Khao Tom. Bubur ini dimasak dengan aneka seafood atau irisan daging babi. Tapi anda juga bisa menikmati Khao Tom Goong dengan isian udang dan Khao Tom Pla yang biasa disajikan dengan ikan segar. Apapun pilihannya anda wajib mencicipi menu makanan ini sebagai teman sarapan untuk memulai aktivitas saat mengunjungi tempat wisata Thailand.

8. Kenyalnya Phad Thai, Kwetiau Asli Negeri Gajah Putih

Photo by @missgastronomic

Makanan khas Thailand yang satu ini mungkin cocok sebagai menu makan malam, karena Phad Thai lebih lezat dimakan ketika cuaca dingin. Pad Thai merupakan sajian makanan yang mirip dengan kwetiau, dimana bisa anda temukan di kedai food street hingga restoran berbintang. Nikmati lezatnya tumisan mie beras dengan isian udang dan saus kaya rasa warisan dari jaman kerajaan Ayutthaya.

9. Gai Yang Olahan Ayam Utuh Yang Ramah Dinikmati Bersama

Photo by @willow.grove

Gai Yang sebenarnya adalah hidangan yang berasal dari Laos, tetapi hidangan ini juga cukup familiar di Negeri Gajah Putih. Anda bisa menemukan Gai Yang di street food ataupun tempat makan terkenal di kawasan pusat kota. Makanan ini cocok untuk dimakan bersama banyak orang atau keluarga karena disajikan utuh dari ayam yang dibakar dengan bumbu khas Thailand. Anda bisa memotong ayam ini menjadi beberapa bagian atau jika ingin menantang diri dapat menikmatinya secara utuh.

10. Kai Phad Med Ma Muang Lezatnya Bikin Ketagihan

Photo by @denny_lcn

Kai Phad Med Ma Muang menjadi makanan khas Thailand urutan ke sepuluh yang harus anda coba. Dari namanya saja mungkin cukup sulit untuk mengingat karena memiliki huruf yang terbilang panjang dan sangat rumit untuk diucapkan. Tapi bukan berarti Kai Phad Med Ma Muang sulit ditemukan, anda bisa menikmati gurihnya potongan ayam dan kacang mete dibalut dengan bumbu asli Thailand di beberapa tempat makan ternama.

Beberapa bahan yang dipakai sebagai bumbu dasar makanan ini ada cabai kering, paprika, daung bawang, rempah-rempah dan bawang putih. Kai Phad Med Ma Muang sendiri merupakan makanan wajib yang harus ada di daftar menu kuliner anda saat berlibur ke Thailand. Jika ingin menyantap hidangan lezat ini pastikan anda juga memesan sepiring nasi hangat untuk dapat dinikmati bersama keluarga tercinta.

Recent Posts

7 Tempat Wisata Kuala Lumpur Yang Harus Ada di Bucket Listmu

Tiket pesawat domestik mahal? Jangan khawatir, Ada banyak sekali tempat wisata Kuala Lumpur yang bisa kamu jelajahi dengan mudah dan…

5 tahun ago

10 Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Saat Jalan Jalan ke Malaysia

Jalan jalan ke Malaysia akan terasa menyenangkan apabila mengajak  pasangan dan merencanakan agenda liburan dari 10 tempat wisata ini. Sudah…

5 tahun ago

Mengenali Sungai – Sungai di Malaysia yang Fenomenal

Ingin mengenali macam-macam sungai di Malaysia yang fenomenal? Mari kita simak artikel berikut yang akan membawa Anda untuk mengupas lebih jauh.…

5 tahun ago

Ingin Liburan Aman dan Nyaman? Ikuti Tips Traveling ala Backpacker ke Malaysia

Sebagian besar wisatawan Asia mungkin lebih sering berlibur di Kota Singa, namun tidak ada salahnya untuk mencoba traveling ala backpacker…

5 tahun ago

Jalan Jalan Lebih Nyaman Karena Malaysia Visa Sudah di Tangan

Hai sobat BefreeTour, liburan sebentar lagi nih, sudah merencanakan liburan belum? Liburan dalam negeri atau luar negeri? Dua dua nya…

5 tahun ago

7 Makanan Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

Jalan-jalan ke Malysia pastinya akan lebih sempurna jika anda mencicipi berbagai makanan khas malaysia yang menggugah selera. Malaysia negara paling…

5 tahun ago